3 Alasan MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka Tidak Recomended untuk Dibeli



MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka sudah di launching trailernya. Model Kit 1/100 yg di labeli Master Grade Extream oleh Bandai ini memiliki banyak gimmick yg ditawarkan.

Gue pribadi melihat MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka ini sebagai upaya Bandai untuk memasuki era peningkatan model kit pada scale 1/100. Seperti lini 1/144 yg ada dua name scale, High Grade dan Real Grade. Lini MGEX 1/100 ini untuk pembaharuan pada Master Grade Model kit.

Tentang MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka


MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka ini dirilis untuk memperingati 40 tahun Gundam Plastik, Gunpla. Perbedaan mendasar antara MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka dan MG 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka terletak pada Sistem Pencahayaan (LED) nya yg didukung oleh MGEX. 



LED pada MGEX 1/100 ini menyala hampir diseluruh bagian tubuhnya, seperti Unicorn pada umumnya. Pada part Psycho Framenya diberikan warna putih clear sehingga LED nya itu dapat berganti warna menjadi hijau dan merah seperti pada film nya.

Selain LED dan System Pencahayaan yg animated, MG EX 1/100 ini juga dikolaborasikan dengan Ver. Ka milik Mr. Katoki Hajime. Sehingga dapat dipastikan cetakan nya memiliki detail detail baru dan artikulasi yg lebih banyak dari seri Master Grade.



Dalam paket penjualannya MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka ini di rencanakan akan mendapatkan aksesoris Beam Magnum, Hyper Bazooka, Shield x 3pcs, Beam Gatling Gun x 6pcs, Hangar Base dan juga dapat Water Slide Decal.

Alasan MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka Tidak Recomended untuk Dibeli

Nah, setelah gue bahas sedikit tentang rilisnya MGEX 1/100 ini, sekarang gue mo bahas tentang, kenapa sih (menurut gue) MG EX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka ini ga begitu recomended buat di beli?

Santai, jngn nge gass dulu, apalagi untuk fanbase Banagher Link, sabar, ini gue mo jelasin.

1. Overpriced / Terlalu Mahal


Untuk sekelas kit ukuran 1/100 dengan penambahan Ver. Ka, menurut gue MGEX 1/100 ini cukup mahal. Dibandrol dengan harga 25,300 Yen atau sekitar 3,4 Jutaan Rupiah, kurang worth untuk bersaing dengan Model Kit MG 1/100 Full Armor Unicorn Gundam Ver. Ka, yg hanya dibandrol 8,800Yen atau sekitar 1 Jutaan Rupiah.

2. Bandai Terlalu Maksain Membuat Lini Baru

Bandai cukup maksain buat lini Baru MGEX 1/100 ini, menurut gue ga ada perbedaan berarti antara MG dan MGEX, lebih kaya MG yg ditambain gimmick dikit yg seharusnya dilabelin MG aja udah cukup.



Kalo HG dan RG kan memang secara struktur berbeda, yg nyamain cuma skala aja 1/144. Ya, perbedaan mendasar HG x RG kita tau dengan jelas, RG ada inner frame dan detailnya lebih bagus dari HG. 

Sedangkan untuk MG dan MGEX cukup ngebingungin untuk ngebedainnya. Semisal, dibuat MGEX 1/100 Strike Gundam, nanti yg membedakannya cuma dikasih Led unit aja gitu, kek PG nya? kan jadi ga jelas si Bandai metain lini nya tuh.

3. Pesaingnya Lebih Menggoda

Pesaing MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka ini datang dari seri Metal Build dan Perfect Grade 1/60. Udah pada tau kan, Metal Build dan Perfect Grade ini tuh Seri pamungkas. Metal Build sering di buat dasar untuk model kit bootleg, dan juga Perfect Grade yg Seri Terbaik model kit hingga saat ini.



Untuk harga kisaran 3-4jutaan, Metalbuild yg bisa kita beli adalah, Metal Build Exia Exia Repair IV, Metal Build Gundam Astray Series, Metal build Freedom Concept 2 dan beberapa lainnya.

Selain itu pesaing dari seri model kit juga dengan ukuran yg lebih besar, terdapat Perfect Grade 1/60 Exia Lighting Model, Perfect Grade 1/60 00 Raiser Gundam yg memiliki Led unit juga, Perfect Grade 1/60 Unicorn Gundam (Final Battle ver) yg notabene nya mirip dan juga Perfect Grade 1/60 Unicorn Gundam yg sudah berikut Led Unit nya.

Menurut gue pribadi sih, Gundam MGEX 1/100 unicron Gundam ver. Ka ini cukup bagus dan gue juga cukup tertarik buat ngoleksi. Cuma, untuk harga segitu gue masih cukup berfikir keras untuk membelinya. Karena cukup jauh perbedaannya dengan seri MG Full Armor Gundam Ver. Ka nya sendiri.

Terlepas dari pendapat gue kolektor kere ini, menurut gue desainnya cukup bagus dan kembali keselera masing-masing kolektor dan tentunya dompet masing-masing juga. Karena untuk membeli ini, harus merogoh kocek cukup dalam.

Artikel Terkait 3 Alasan MGEX 1/100 Unicorn Gundam Ver. Ka Tidak Recomended untuk Dibeli

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url