4 Gunpla HG00 1/144 Gundam Exia Reguler yg di Rilis Bandai Hingga Tahun 2020, 2 diantaranya ada dalam 1 paket!



Dari 4 jenis Gunpla HG00 1/144 Gundam Exia yg di rilis reguler oleh Bandai ini, ada dua jenis Gundam Exia yg terdapat dalam 1 paket pembelian. HG Gundam Exia apakah itu? mari disimak!

HG00 1/144 Gundam Exia merupakan Gundam Highgrade yg dirilis oleh bandai berdasarkan serial animasi Gundam 00 Season 1. Dimana dalam serial itu Mobile Suit inti nya adalah, Exia, Dynames, Kyrios dan Virtue [Nadleeh]. 

Mobile Suit Gundam 00 (機動戦士ガンダム00ダブルオー Kidō Senshi Gandamu Daburu Ō) ini pertama kali di rilis pada oktober 2007 dengan menampilkan konsep yg hampir sama dengan anime Gundam lainnya, yaitu tentang perang. 


Namun, agak sedikit berbeda dari anime Mobile Suit Gundam lainnya, Celestial Being (Organisasi yg menaungi Gundam) dari sejak awal cerita merupakan organisasi yg bergerak dengan kekuatan pribadi, bukan merupakan militer salah satu pihak yg bertikai, dalam hal ini (AEU, Union dan HRL).

Lalu berdasarkan Mobile Suit Gundam 00 Season 1, Bandai pun turut mengeluarkan model kit reguler untuk 00 Series. Kali ini gue akan bahas 1 persatu Gunpla HG 00 yg reguler dirilis oleh Bandai. Inget ya HG 00, jadi Amazing Exia dan Dark Matter ga masuk, karena itu masuknya series Build.

Gunpla HG00 1/144 Gundam Exia Reguler yg di Rilis Bandai Hingga 2020

1. HG 1/144 Gundam Exia pada Oktober 2007

Tepat pada perilisan anime Mobile Suit Gundam 00, Bandai merilis HG 00 1/144 GN-001 Gundam Exia. Secara bentuk HG Gundam Exia ini cukup baik ya, dari segi detail dan juga artikulasi. 

HG 00 GN-001 Gundam Exia


Moldingan HG Gundam Exia ini cukup baik, dan part clear nya juga cukup banyak. Part clearnya terdiri dari part lingkaran di dada, 2 part lingkaran telinga, 2 part lingkaran lengan serta 2 part lingkaran lutut, hanya saja masih berwarna putih, untuk hijaunya diambil dari stikernya.

Part kepala HG Gundam Exia ini terdiri dari sebuah part VFin, part mata dan dagu yg menyatu da berwarna merah, part mulut berwarna putih dengan ukiran panel line di pelipis matanya part clear telinga dan juga part telinga yg mirip dengan elf. Miss colornya cukup banyak sih cuma ya mungkin tehnologi dimasa itu memang ga cukup membuat HG Exia ini lebih detail lagi.

Badannya sendiri tidak bisa membungkuk, mirip badan dari gundam seri terdahulunya. Kelengkapan Gundam Exia ini terdiri dari GN Sword I yg bisa dilipat jadi GN-Vulcan (mode riffle), GN Shield, GN Long Blade, GN Short Blade serta 2 beam saber di bahu belakang dan 2 beam saber di bagian skirt belakang.

Dilihat dari persenjataannya, memang Exia ini lebih diperuntukkan untuk pertarungan jarak dekat. Yap, semua senjatanya bener-bener cuma untuk jarak dekat.

2. HG 1/144 Gundam Exia Trans-AM Mode pada Januari 2009

Satu tahun tiga bulan berselang dari perilisan HG 00 1/144 GN-001 Gundam Exia, Bandai kembali merilis dengan cetakan yg sama namun dengan warna yg agak sedikit berbeda, yaitu HG 1/144 Gundam Exia Trans-AM Mode.

HG 00 GN-001 Gundam Exia Trans AM Mode


Desain molding untuk Gundam Exia Trans-Am Mode ini benar-benar ga ada upgrade sama sekali dari HG Gundam Exia awal. Cuma di berikan warna injeksi merah metalik pada armor dan abu abu metalik pada inner framenya. 

Untuk konsep warna inner framenya gue sih suka banget ya, soalnya warnanya udah mirip kaya metal gitu, tapi untuk warna armor nya yg duo tone warna merah metalik cukup monotone menurut gue, terlebih di part merah maroon seperti part bahu terdapat warna hitam yg seperti meluber. 

3. HG 1/144 Gundam Exia Repair II pada Juni 2009

Juni 2009, Bandai merilis variasi Gundam Exia terbaru untuk seri HG 00 nya. dinama di labeli menjadi GN-001REII Gundam Exia Repair II. Nah loh, kok langsung Repair II? Repair I nya mana? 

Mungkin, menurut Bandai untuk seri HG pada waktu itu belum memungkinkan untuk di keluarkan Gundam Exia Repair dikarenakan dibutuhkan detail yg mumpuni untuk dibagian kepala dan GN-Sword I. Sehingga untuk GN-001RE atau repair 1 Exia di rilis di lini Master Grade nya dengan label MG Gundam Exia Ignition Mode. Dan Untuk HG kebagian Exia Repair II nya.

HG 00 GN-001REII Gundam Exia Repair II


HG 00 1/144 GN-001REII Gundam Exia Repair II ini tidak merubah banyak hal pada segi molding nya, hanya menambahkan beberapa part tambahan. Dalam packaging HG Gundam Exia Repair II ini terdapat,
  • 2 bilah GN-Sword, 1 Mirip dengan HG Gundam Exia dan 1 lagi berikut part clear hijau di bagian mata pisau nya, atau biasa di sebut GN-Sword I Kai.
  • 1 pcs GN-Shield yg sama dengan Gundam Exia biasa
  • 2 pasang Part Bahu, 1 pasang bahu dengan cantolan part karet ke bahu untuk aliran GN-Drive + cantolan Beam saber milik Exia terdahulu, dan satu pasang lagi tanpa part cantolan beam saber dan pipa aliran GN-Drive di samping bahu.
  • 2 pcs part skirt belakang, 1 part milik Gundam Exia biasa dan 1 part lagi milik Gundam Exia repair II yg tidak memiliki cantolan beam saber dibagian ekornya.
  • 2 jenis GN-Drive.

Intinya adalah, packaging HG 00 1/144 GN-001REII Gundam Exia Repair II ini punya part bawaan dari HG 00 1/144 GN-001 Gundam Exia yg di tambahi dengan part untuk menjadi Repair II nya. jadi temen-temen tinggal milih mo dijadiin Exia biasa ato Exia Repair II, ataupun di custom menggunakan keduanya.

Sebenernya, menurut gue ga ada upgrade detail dan artikulasi dari HG Gundam Exia sebelumnya, hanya penambahan beberapa part doang. Seperti masih belum bisa menunduk (part dada dan perut belum terpisah), part lain yg masih sama plek dengan HG Gundam Exia. Tapi, dengan selisih harga yg ga begitu jauh, menurut gue Repair II ini lebih worth di beli daripada HG Gundam Exia biasa.

4. HG 1/144 Gundam Avalanche Exia Dash pada Juni 2010

HG 00 1/144 GN-001/hs-A010 Gundam Avalanche Exia' / Gundam Avalanche Dash ini memiliki 2 bentuk di dalam 1 packagingnya. Mirip dengan HG 00 1/144 GN-001REII Gundam Exia Repair II yg didalamnya terdapat Gundam Exia biasa. HG Gundam Avalanche Dash ini juga berikut part Gundam Avalanche biasa didalamnya.

Memang perbedaan antara Gundam Avalanche Exia dan Gundam Avalanche Exia Dash hanya terletak di bagian part kaki, namun menurut gue ini cukup bagus di sertakan, karena ga semua orang suka Dash part karena mengurangi artikulasi bagian kaki.

HG 00 1/144 GN-001/hs-A010 Gundam Avalanche Exia Dash

HG 00 1/144 GN-001/hs-A01 Gundam Avalanche Exia

Perbedaan mendasar dari HG 00 Gundam Exia biasa dan repair adalah part samping lutut yg seharusnya diisi dengan clear part, pada Avalanche Exia di bolongin hingga sisi sebelahnya. Jadi, penempatan part Dash nya cukup kokoh karna saling sambung antar sisi.

Overall, menurut gue detail keseluruhan exia ini bagus ya moldingan armornya, mengingat ini di rilis sebelum 2010 jadi mungkin ini salah satu HG terbaik pada masa itu. Semua ke kurangannya ini telah dibayarkan dengan di rilisnya RG Gundam Exia yg detailnya mantap. HG Gundam Exia ini memiliki sudut rawan patah bila terlalu banyak pose, yaitu part bagian punggung lengannya.

Ya selalu ada plus minus untuk tehnologi model kit yg ada saat ini. Cukup sekian ya untuk 4 Gunpla HG00 1/144 Gundam Exia Reguler yg di Rilis Bandai Hingga Tahun 2020. Bila ada informasi yg kurang atau berlebih bisa di komen ya. see ya.

Artikel terkait tentang Gunpla HG00 1/144 Gundam Exia Reguler yg di Rilis Bandai Hingga Tahun 2020

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url