7 Perbedaan HGBD Gundam 00 Diver vs HG00 00 Gundam yg Perlu kamu Ketahui Sebelum Membeli




HGBD Gundam 00 Diver adalah Gundam yg berasal dari anime series Gundam Build Diver dan merupakan custom dari seri dasar HG00 00 Gundam dari anime series Gundam 00. 

Yap, 00 Gundam adalah base gunpla yg dicustom menjadi Gundam 00 Diver di Seri anime series Gundam Build. Lalu apa saja bagian yg di custom dari HG 00 Gundam menjadi sebuah Gundam 00 Diver? Simak penjelasannya.

Gundam Build Diver sendiri merupakan series anime turunan dari Gundam Build, dimana peperangan yg terjadi dalam series ini adalah peperangan Gundam plastik, atau Gunpla. Gunpla bertarung dalam sebuah simulasi battle machine, atau kalau dalam Build Diver disebut GBN System yg merupakan virtual world. 

Ga seperti Gundam Series lainnya, semisal 00 Gundam ataupun Iron-blooded Orphanse series yg memang menceritakan perang nyata, di series Gundam Build hanya menceritakan permainan pertarungan antar gunpla, dan cukup cocok untuk pasar anak-anak. Ya, mungkin memang, untuk Series Build lebih diperuntukkan untuk anak-anak sih.

Nah, setelah mengenal Build Diver dan HGBD Gundam 00 Diver, pasti penasaran kan bedanya apa sama HG 00 Gundam yg menjadi base nya? dan worth mana untuk di koleksi? 

Perbedaan HGBD Gundam 00 Diver vs HG00 00 Gundam

1. Head part

Konsep Head part pada HGBD 1/144 Gundam 00 Diver sebenernya hampir mirip dengan HG00 1/144 00 Gundam, yg membedakan konsepnya hanyalah, HG Gundam 00 Diver belahan kepalanya adalah depan dan belakang, sedangkan HG 00 Gundam belahannya adalah kiri kanan. Selain itu, part lainnya seperti dagu, clear part samping, part clear mata serta VFin mirip.

Hal yg membedakan antara head part Gundam 00 Diver dan 00 Gundam terletak pada bentuk VFin, bentuk kepala dan warna part clear mata, part clear samping kepala dan part clear VFin. Untuk Gundam 00 Diver di sediakan 3 warna part clear (putih, hijau dan merah) sedangkan 00 Gundam hanya ada part clear putih.

2. Body Part

Masih secara Konsep, ataupun snapfit Body part HG Gundam 00 Diver masih menggunakan konsep 00 Gundam. Namun, untuk bentuk dada nya agak diperbaharui, menjadi lebih runcing dan part kuning dada 00 Gundam di hilangkan. Tidak banyak yg berubah dibagian badan, masih mengusung konsep 00 Gundam yg sedikit modifikasi.


3. Hand Part

Hand part HG 1/144 Gundam 00 Diver sebagian besar masih mengadopsi dari hand part 00 Gundam dengan penggantian bagian bahu yg ditambahkan sedikit detailing dan bunderan di bagian ujung luarnya. Selain itu di tambahkan penutup kerah pada lengan bawahnya. Tampak lebih kokoh sih dan lebih bulky daripada 00 gundam yg sering terkesan kalo tanganna kecil.


4. Backpack

Backpack standar 00 Gundam pun tidak luput dari upgrade untuk seri Gundam 00 Diver ini. Backpack 00 Gundam yg memiliki lubang 1 di tengah untuk colokan 0 raiser, dirubah menjadi 2 lubang kiri dan kanan pada Gundam 00 Diver.

Dua Lubang pada backpack Gundam 00 Diver ini bisa berfungsi sebagai thruster juga bisa di gunakan sebagai colokan untuk backpack tambahan yg di include kan pada Ace Unitnya. Tapi, sejujurnya gue lebih seneng kalo Gundam 00 Diver ga pake backpack ace unit itu huhehehe, soalnya backpacknya menurut gue agak aneh yg ace unit.



5. GN- Drive (Twin Drive)

Mungkin udah pada tau pada post MG Gundam 00 Raiser gue udah jelasin kalo 00 Gundam ini punya 2 GN-Drive di samping kanan dan kirinya, dan ini disebut dengan Twin Drive System. Nah, untuk Gundam 00 Diver pun ga ketinggalan tetap menggunakan Twin Drive System ini, hanya saja dengan konsep yg agak berbeda.

GN-Drive pada 00 Gundam menggunakan 3 buah peg male pada part penopang GN-Drive nya dan tampak lebih besar. Sedangkan GN-Drive pada Gundam 00 Diver terlihat lebih kecil dan menggunakan hanya 1 buah peg male pada part penopang GN-Drive nya. Selain itu, Penopang GN-Drive pada 00 Diver menggunakan part dalam berwarna abu-abu sehingga lebih sedikit mendetail dibandingkan dengan 00 gundam yg hanya mengandalkan 1 part biru.

Selain itu bentuk penopang GN-Drive Gundam 00 Diver lebih bergaya dibandingkan dengan 00 Gundam, dengan tambahan sayap yg punya gimmick bisa dilipet. Ya, gue lebih milih Gundam 00 Diver untuk part ini. The best emang. 

6. Skirt

Skirt Gundam 00 Diver masih mengusung bentuk skirt pendek 00 Gundam dengan beberapa penyesuaian. Skirt 00 Diver terkesan lebih snapfit menempel pada part abu-abu inner frame skirtnya, sedangkan 00 gundam masih terkesan longgar, los. Skirt belakang 00 Diver memiliki konsep sepert buntut pesawat dan sedikit mirip dengan skirt belakang 00 Gundam, hanyasaja 00 Diver menambahkan part sayap fix di kiri dan kanannya. Letak beam saber nya pun masih sama dengan 00 Gundam.



7. Leg

Part kaki HGBD 1/144 Gundam 00 Diver juga masih menggunakan konsep yg sama dengan 00 Gundam. Part Paha masih plek menggunakan part Paha 00 Gundam, yap sama persis, bukan mirip lagi. Part kaki dan telapak pun masih menggunakan part yg sama dengan 00 Gundam.

Yg membedakan Leg part HGBD Gundam 00 Diver dengan 00 Gundam terletak pada part betisnya. 00 Gundam yg part betisnya menggunakan clear part bulat dibagian luar daerah lutut ditiadakan pada Leg part Gundam 00 Diver ini, diganti dengan kaki yg dipenuh dengan panel line. Penutup join betis dan telapak kaki pun berbeda dengan 00 Gundam, jadi terkesan lebih keren menurut saya.

Jadi dari 7 Perbedaan HGBD Gundam 00 Diver vs HG00 00 Gundam yg Perlu kamu Ketahui Sebelum Membeli gimana menurut temen-temen? apakah temen-temen bakal beli yg HGBD Gundam 00 Diver atau malah beli HG00 GN-0000 00 Gundam nya? kalo gue sendiri sih, seneng 2 2 nya ya. Dan pernah punya 2 2nya, jadi bisa lah dimasukin Whislist untuk rebuying. Tapi untuk 00 Gundam gue lebih seneng yg di packaging bareng 7 Sword sih jadi, dan kebetulan gue udah punya. Nanti yak gue bahas woakowakokwa. see ya.

Artikel Terkait HGBD Gundam 00 Diver vs HG00 00 Gundam


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url