3 Jenis Cat Rekomendasi Untuk Repaint Gunpla dan Model Kit Lainnya


Banyak jenis cat membuat gue agak bingung dalam nentuin harus make cat mana nih buat repaint Gunpla gue. Selain jenis, merk cat untuk hobby gini juga banyak banget, jadi gue nulis ini juga sebagai catetan gue juga.

Sebagai peringatan awal, gue saranin untuk ngelakuin proses repaint atau pengecatan gunpla dan model kit lainnya ini lebih baik di ruangan berventilasi atau diluar ruangan dan juga disarankan untuk menggunakan masker. Karena cat cukup bahaya untuk paru".

Apa itu Cat ?


Cat terdiri atas tiga bagian, solvent (pengencer), carrier (pengangkut) dan pigment (pigmen warna). Bagian cat yang paling penting adalah pigment karena pada dasarnya cat adalah molekul warna itu sendiri. 

Namun, molekul warna itu tidak dapat menempel sendiri ke sebuah permukaan tanpa adanya carrier atau pengangkut.

Solvent sendiri adalah pengencer yg digunakan untuk membuat pigment dan carrier tetap dalam keadaan cair atau encer. Jika cat di implementasikan ke sebuah permukaan, maka agar warna (carrier dan pigment) menempel maka solvent harus menguap terlebih dahulu, atau sering kita sebut "nunggu cat ngering".

Solvent lah yg membuat adanya perbedaan jenis cat menjadi, Cat Lacquer, Cat Acrylic dan Cat Enamel. Semakin kuat suatu solvent maka akan semakin banyak cat yg bisa di encerkan dengan solvent tersebut.

Jenis Cat Rekomendasi Untuk Repaint Gunpla

Setelah gue menjelaskan tentang Cat diatas, sekarang gue akan lanjutin tentang jenis cat yg gue rekomendasiin untuk repaint gunpla yg dibagi berdasarkan jenis Solventnya. 

Oiya, peringatan lagi nih, Bandai sendiri ga rekomendasiin untuk nge cat gunpla nya, karena berpotensi ngerusak bahan ABS nya. Tapi, ga rekomendasi bukan berarti ga boleh ya hehehe.
 

1. Cat Lacquer

Solvent atau pengencer yg digunakan pada Cat Lacquer adalah solvent organik, atau bisa disebut sebagai solvent paling kuat dari ketiga jenis cat ini. Cat lacquer memiliki bau yang paling menyengat dan berbahaya diantara ketiga jenis cat ini. 

Solvent Lacquer ini proses penguapannya cenderung sangat cepat, sehingga "kering" nya cat juga sangat cepat dibanding 2 jenis cat lainnya. Cat jenis ini menempel dengan sangat baik pada permukaan gunpla, maka akan cukup sulit untuk menghapus cat ini tanpa merusak part plastik gunpla tersebut. 

Cat jenis lacquer ini memiliki kelebihan bisa masuk ke celah kecil dan sempit sehingga sangat baik untuk mengecat bagian detail dari gunpla model kit.

Sebelum memulai pengecatan ada baiknya untuk melakukan primer yg sesuai dengan cat lacquer terlebih dahulu, untuk perwarnaan yg bagus.


Cat jenis Lacquer yg beredar dipasaran

Spray Can Paint atau Cat Semprot Kalengan merk Tamiya, Duplicolor, Plastikote, Gunze Sangyo dan Mr. Color. Spray Can merk ditton dan Pilox juga termasuk cat jenis Lacquer.

Merk Thinner Solvent untuk Cat Lacquer

Untuk mengencerkan jenis cat lacquer ini, gue pribadi menyarankan yg satu merk dengan catnya ya, tapi bila terdapat kendala dalam pengadaannya, temen-temen bisa make, mr. Color Thinner, Thinner Xylene, Toulene, Methyl Ethyl Ketone. 


2. Cat Enamel 

Cat enamel menggunakan solvent yang berasal dari bensin yg membuatnya cukup lama sekali mengering. Cat jenis ini butuh waktu berminggu-minggu untuk mengering sepenuhnya. Permukaan gunpla yang dicat dengan enamel cenderung lebih lembek bila dibandingkan cat lacquer.

Pada proses pengecatannya, Cat Enamel menghasilkan lapisan cat yg cenderung tebal. Dikarenakan cukup lama mengering, maka cat nya akan sering mengikuti tarikan gravitasi, sehingga terkadang ada bagian yg lebih menggumpal. 

Untuk memanfaatkan lamanya proses pengeringan cat enamel ini, disarankan untuk mengaplikasikannya dengan kuas. Selain proses keringnya yg cukup lama, Cat Enamel ini juga lebih kental dan mengikuti arah sapuan kuas.


Cat Jenis Enamel yg Beredar di Pasaran

Tamiya Color Enamel Paints,  Enamel Paints Testors and Humbrol Enamel Paint. 

Merk Thinner Solvent untuk Cat Enamel

Bisa menggunakan Thinner Lacquer Tamiya ataupun Thinner Mr. Color.

3. Cat Acrylic 

Cat acrylic sering disebut sebagai water-soluble atau water-based paint karena dapat menggunakan solvent (pengencer) air.  Cat jenis ini dapat di tipiskan dan dihapus menggunakan solvent berbahan dasar air. Namun, untuk hasil lebih baik, disarankan menggunakan Thinner Acrylic.

Banyak modeler gunpla yang bilang bahwa cat acrylic adalah yang tertipis dari ketiga jenis cat lainnya. Cukup disarankan untuk menambah detail dibagian peg gunpla. 

Untuk daya tahan, Cat Acrylic membutuhkan topcoat dari jenis Lacquer agar cat nya bisa tahan lebih lama. 


Cat Jenis Acrylic yg Beredar di Pasaran

Tamiya Color Acrylic Paint, Model master acryl, Acrylic Paint Mr. Color, Mr. Hobby Aqueous hobby color, Humbrol acrylic dan Citadel.

Merk Thinner Solvent untuk Cat Lacquer

Thinner Aqueous Hobby Color, Thinner Tamiya Acrylic X20A, bisa menggunakan Thinner mr. Color, Thinner Tamiya Lacquer

Selain Solvent, Carrier dan Pigment, didalam cat juga terdapat ‘agen pengatur’ yang mempengaruhi bagaimana permukaan cat setelah mengering, gloss (mengilap), semi gloss atau flat (doff/matte). Selain itu, terdapat metalflakes (serpihan metal) atau partikel mika yang menciptakan warna metalik dan Pearls).

Artikel Terkait 3 Jenis Cat Rekomendasi Untuk Repaint Gunpla dan Model Kit Lainnya


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url