Perbaiki This version of OwnCloud 10.3.2 requires at least PHP 7.0.7 Pada Ubuntu 18.04 LTS


Baru-baru ini gue Update Owncloud kantor gue jadi 10.3.2 dan gue ngalamin berbagai macam error. Dari awal error yg gue temuin adalah Owncloud 10.3.2 ini butuh seenggaknya PHP 7.0.7 buat running. Gimana gue perbaikinnya?
Sebelumnya Ubuntu 18.04 LTS kantor gue ini make PHP 5.6 sebagai PHP defaultnya, dan Owncloud terakhir sebelum di update smooth berjalan di PHP 5.6 ini, tapi kmren gue dapet notif ada update Owncloud ke 10.3.2. Lalu gue update lah via Settings admin Owncloud. 

Setelah Proses update di Settings admin Owncloud, saat gue akses kembali Owncloudnya ternyata muncul notif error tulisan doang dengan layar putih.

This version of ownCloud requires at least PHP 7.0.7
You are currently running PHP 5.6.40-29+ubuntu18.04.1+deb.sury.org+1. Please update your PHP version.

Wah, temen-temen pasti ngerti kan, kalo tulisannya begini pasti butuh PHP yg lebih tinggi dari PHP 7.0 buat running owncloudnya. 

Cara Install PHP 7.2 Pada Ubuntu 18.04 LTS

Kenapa gue memilih 7.2 ? sebenernya gue udah install semua PHP 7 series sampe PHP 7.4 dan gue udah nyoba ganti ke PHP 7.4 tapi owncloudnya jg g bisa running, dan akhirnya gue memutuskan untuk make PHP 7.2 aja yg pasti running di tutorial ini.

Pada konsol Ubuntu 18.04 LTS ketikkan command berikut ini secara berurutan

sudo apt-get install software-properties-common
sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
sudo apt-get update
sudo apt-get install -y php7.2

Setelah semua sukses terinstall maka di Ubuntu 18.04 LTS nya sudah terinstal PHP 7.2 dengan baik, hanya saja gimana cara setting default PHP version nya?

Cara Setting Versi PHP pada Ubuntu 18.04 LTS

Nah, di Ubuntu 18.04 LTS gue sudah ada PHP 5.6 yg secara default digunakan dan ada PHP 7.2 yg baru diinstal dan blom di enable. Untuk itu, gue akan mengganti versi PHP 5.6 yg lg running menjadi PHP 7.2.

Pada Konsol Ubuntu ketikkan command berikut ini secara berurutan

sudo a2dismod PHP5.6

Command diatas ini adalah untuk mendisable PHP 5.6 yg nantinya kita ganti jadi PHP 7.2

sudo a2enmod PHP7.2

Lalu restart apache nya dengan command

sudo service apache2 restart

Nah, setelah melewati 2 cara diatas, maka Error Owncloud 10.3.2 This version of OwnCloud requires at least PHP 7.0.7 Pada Ubuntu 18.04 LTS akan hilang dan owncloud kita bisa di akses kembali.

Artikel Terkait This version of OwnCloud 10.3.2 requires at least PHP 7.0.7 Pada Ubuntu 18.04 LTS


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url