Memperbaiki Internet Linux Ubuntu 18.04 yang Connected Tapi Tidak Bisa Browsing Internet


Beberapa waktu lalu gue update Linux Ubuntu 16.04 gue dikantor jadi 18.04, dan setelah gue update gue ngalamin satu masalah networking. Setelah gue benerin, kalo Ubuntu 18.04 ini gue patch update terbaru, kadang error itu balik lagi. Kesel gue. Nah, biar temen-temen ga kesel kaya gue, gue ajarin deh cara perbaikannya.

Error Internet Connected, Tapi Ga Bisa Browsing.


Gue make Linux Ubuntu 18.04 ini buat server di kantor gue. Make spesifikasi seadanya sih, cuma core2duo doang sih, tapi lumayan smooth lah untuk cma untuk file sharing dll.

Nah, error yg gue omongin ini tuh gini. Jadi, gue bisa akses ke Server Linux Ubuntu 18.04 ini via browser atau lainnya dari komputer lainnya. Lalu pada saat gue mau browsing dari Linux Ubuntu 18.04 ini ga bisa sama sekali. Error kaya ga ada internet pada umumnya. Bukan cuma browser, semua aplikasi yg membutuhkan internet ga bisa konek sama sekali. Jadi, cuma bisa di akses tapi ga bisa ngakses internet.

Gimana cara gue perbaikannya? gampang banget segampang-gampangnya, ga usah bingung ga usah sakit kepala kaya gue yg nyari info kmana-mana dlu. Tapi, sebelum perbaikan ini, cek dulu koneksi modemnya, watirnya error karna modemnya.

Lalu untuk perbaikannya, di Linux Ubuntu 18.04 nya itu buka konsol nya lalu ketikkan perintah berikut.

sudo nano /etc/resolv.conf

masukkan password login jika dibutuhkan.

Pada resolv.conf akan terpampang

#Generate by NetworkManager
nameserver 127.0.0.53

Nah kita tau, semua nameserver di konekkan ke localhost. tinggal kita rubah aja isi resolv.conf ini jadi

#Generate by NetworkManager
 nameserver 8.8.8.8


Lalu Save, dan voila, internet kembali normal dan semua aplikasi dapat browse internet kembali.

Gampangkan? Nah segitu aja dulu tips trik perbaikan Internet Linux Ubuntu 18.04 yang Connected Tapi Tidak Bisa Browsing Internet dari gue. see ya.


UPDATE

Mungkin cara diatas cuma bertahan untuk waktu yg sempit. Jadi, pas reboot resolv.conf nya akan kembali ke 127.0.0.53. Nah, untuk itu gue kasih tau di update ini gimana caranya agar ini permanent yak.

pertama-tama buat backupan dulu file resolv.conf nya ya, dengan ngetik ini di console.

sudo cp /etc/resolv.conf /etc/resolv.conf.backup

Setelah itu, hapus file resolv.conf asal tadi dengan mengetikkan command

sudo rm -rf /etc/resolv.conf

Lalu copy kan file backup tadi yg kita buat menjadi file resolv.conf kembali dengan command

sudo cp /etc/resolv.conf.backup /etc/resolv.conf

Nah, untuk pamungkasnya, saya buat resolv.conf ini ga bisa lagi dirubah oleh system saat reboot. dengan mengetikkan command

sudo chattr +i /etc/resolv.conf 

dan tada, file resolv.conf akan bertahan lama dan ga bisa diubah" oleh system pas restart. untuk ngerubahnya, jngn lupa ngetik command

sudo chattr -i /etc/resolv.conf 

agar bisa dirubah-rubah kembali. see ya untuk kedua kali.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url