Enable dan Disable allow_url_fopen pada WHM Virtual Private Server

 

WHM Dashboard

Allow_url_fopen adalah salah satu opsi pada PHP yg memungkinkan mengakses dan menggambil suatu data berupa file dari suatu link yg berada dalam server yg berbeda.

Kebanyakan allow_url_fopen ini di disable secara default oleh penyedia layanan hosting. Jadi, bagi pengguna Shared Hosting (Cpanel) dapat menghubungi penyedia layanan hostingnya untuk melakukan pengaktifan allow_url_fopen ini.

Untuk WHM nya sendiri itu adalah software webbased untuk pengaturan suatu Virtual Private Server (VPS) yg dapat mengatur banyak website dan Cpanel sekaligus. Jadi, WHM ini sendiri adalah software yg digunakan penyedia layanan hosting untuk mengontrol penggunaan source suatu VPS untuk shared  hosting mereka.

Jadi singkatnya gini, WHM itu bisa meng-create banyak Cpanel (sejauh ini maksimal 5 per lisensi) dalam 1 VPS  yg dapat digunakan untuk banyak domain website. Pokonya superior lah nih WHM dibanding CPanel, berasa punya komputer yg online terus terusan aja.


Enable allow_url_fopen pada WHM Virtual Private Server

Nah, setelah gue kasih tau tadi, kalo allow_url_fopen ini secara default itu di matikan, nah kali ini gue bakal ngasih tau gimana cara enable Enable dan Disable allow_url_fopen di WHM Virtual Private Server, dengan cara yg sangat mudah.

Pertama Login dulu lah ke WHM VPS, masukkan user dan passwordnya, dan kalo sukses bisa langsung masuk dashboardnya. Inget ya WHM VPS milik sendiri, jngn nyuri punya orang!

Selanjutnya pada Side-Menu disamping kiri, cari MultiPHP INI Editor ya, bisa make search ataupun cari di tab Software.

Enable dan Disable allow_url_fopen pada WHM Virtual Private Server

Setelah nemu, maka bakal masuk ke MultiPHP INI Editor dashboard nya ya. Pada Dashboard MultiPHP INI Editor ini, pilih  tab Editor Mode, bukan Basic Mode lalu pilih salah satu versi PHP yg temen-temen gunain di website temen-temen atau temen-temen bisa ngubah di semuma versi PHP yg ada. Gue, milih PHP 7.4 yg terupdate sekarang karna hampir semua web gue make itu.

Enable dan Disable allow_url_fopen pada WHM Virtual Private Server

Search (ctrl+F) dengan keyword allow_url_fopen, seperti gambar diatas, ubah value off setelah "=" menjadi on pada baris allow_url_fopen, lalu tekan save. Secara otomatis seluruh website di VPS temen-temen allow_url_fopen nya Enable atau dalam posisi ON.


Disable allow_url_fopen pada WHM Virtual Private Server

Lantas gimana untuk men-disable atau menonaktifkan allow_url_fopennya kembali? mudah saja, ubah value allow_url_fopen menjadi off, seperti posisi semula.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url