3 Cara Install File .deb Debian di Ubuntu dengan Command Shell atau Terminal

 

Linux Ubuntu merupakan keluarga atau hasil pengembangan Linux Debian. Sehingga Memiliki jenis file installer dengan ekstensi yg sama yaitu, *.deb. Mungkin beberapa dari temen-temen masih bingung ataupun lupa perintah install suatu aplikasi di Ubuntu, kek gue yg kadang lupa command nya, berikut gue jelasin 3 cara install File *.deb di Ubuntu.


1. Command dpkg

dpkg adalah aplikasi package manager untuk sistem Linux debian yg secara otomatis salah satunya Linux Ubuntu. Dengan command ini kita bisa memasang, menghapus, mengupdate, atau membuat file dengan ekstensi *.deb. 

Untuk memasang aplikasi nya, bukalah command shell/ Terminal di linux temen-temen, lalu tuju address  alamat tempat file deb nya berada lalu ketikkan perintah berikut.

sudo dpkg -i address/filename.deb

Bila terjadi error saat penginstalan yg menyatakan dibutuhkannya dependensi temen-temen bisa menggunakan perintah ini selanjutnya.

sudo apt-get install -f


2. command apt

Sama seperti dpkg, apt adalah salah satu aplikasi package manager di Linux Debian dan turunannya yaitu Ubuntu. Namun, disisi fungsi apt lebih power full daripada dpkg, karena apt dapat mengupdate keseluruhan system OS Ubuntu nya. Apt ini bisa digunakan secara GUI di Software & Update ataupun dengan Terminal. Adapun untuk menggunakan apt pada terminal dapat mengetikan command berikut.

sudo apt install address/filename.deb

atau

sudo apt-get install address/filename.deb


3. Command gdebi

Berbeda dari 2 command sebelumnya, gdebi biasanya tidak terinstal di Linux Debian dan turunannya (bukan aplikasi bawaan) sehingga diperlukan proses instalasi pertama kali pada Ubuntu. Namun, gdebi ini lebih baik daripada dpkg karena mencari otomatis file depedensi yg dibutuhkan ketika melakukan instalasi aplikasi.

Cara penginstalan gdebi adalah dengan mengetikkan command berikut pada terminal Ubuntu,

sudo apt install gdebi

dan ketika gdebi telah terpasang dengan baik, untuk melakukan penginstalan aplikasi dengan command gdebi, gunakan command berikut pada terminal Ubuntu, 

sudo gdebi address/filename.deb

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url