Cara Mengetahui Aplikasi Terinstall pada Linux Ubuntu dengan Command Shell

 

Cara Mengetahui Aplikasi Terinstall pada Linux Ubuntu dengan Command Shell

Seperti kita ketahui Linux Ubuntu adalah Operating System berbasis Linux Debian yg hampir keseluruhan pekerjaan nya menggunakan command di Command Shell. Kadang kita lupa, aplikasi apa saja sebenernya yg sudah kita install, ataupun kita lupa aplikasi apa yg kita install terakhir kali. 

Untuk itu pada tutorial sederhana kali ini, gue bakal menjelaskan gimana sih cara tau aplikasi yg sudah ada atau terinstall di komputer dengan OS Ubuntu ini.


Cara Mengetahui Seluruh Aplikasi Terinstall pada Linux Ubuntu

Pertama-tama gue bakal ngasih tau command apa aja sih yg bisa melihat seluruh aplikasi di Ubuntu. Hal ini juga kadang diperlukan buat mengetahui nama aplikasi agar kita dapat meng-uninstall nya dengan jelas.

Perintahnya adalah

dpkg -l

atau

dpkg –list


dpkg adalah salah satu aplikasi package management bawaan dari Linux Debian yg diturunkan ke Ubuntu. So, untuk mengetahui package apa saja yg sudah terinstall bisa menggunakan command diatas, dpkg -l.


Cara Mengetahui Aplikasi Terakhir yg Diinstall pada Linux Ubuntu dengan Command Shell

Nah, sama seperti sub judul diatas, namun berbeda konsep, command dibawah ini tujuan nya adalah melihat log terakhir penginstalan aplikasi di Ubuntu. Jadi, kita bisa mengetahui aplikasi yg diinstal terakhir pada OS Ubuntu.

cat /var/log/dpkg.log

atau

cat /var/log/apt/history.log

Kedua command diatas memiliki fungsi yg sama namun berbeda penampilan data. Pada dpkg.log datanya ditampilkan perbaris sedangkan pada history.log datanya ditampilkan pergrup dengan pemisah spasi bawah.

Simple kan?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url