Memperbaiki Error saat Update Ubuntu, Broken Package System Ubuntu Update

 

Logo Ubuntu

Pada saat ngupdate Ubuntu dari 18.04 LTS jadi 20.04 LTS gue ngalamin hang pada komputer gue, dan itu ga gerak updatenya sama sekali hingga 4 jam, akhirnya dengan berat hati gue restart paksa dengan tombol reset komputer nya, dan alhasil Ubuntu gue error ga ada tampilan sama sekali di layar.


Tampilan booting nya dan loading OS nya sih masih ada, tapi pas mau login tampilannya sama sekali ga ada, bener" blank item aja gitu. Nah, gimana gue memperbaikinya?

Hal, paling dasar yg memang harus dimiliki untuk kejadian-kejadian ga terduga gini, gue saranin sih di Ubuntu temen-temen diinstal kontrol remote jarak jauh sih, semisal Remote Desktop xRDP, Webmin, ataupun SSH Server. Dan untungnya gue udah instal ke semua itu di Ubuntu ini. Untuk temen-temen yg ga belom menginstall nya bisa make cara lain ya, pokonya konsol remote aja.

Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) Wallpaper
Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) Wallpaper

Nah, gue sekarang mau ngejelasin detail problem dan spesifikasi Ubuntu yg error ini,

  • Operating System awalnya adalah Ubuntu 18.04 LTS (Bionic Beaver) yg akan diupdate jadi Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa).
  • Aplikasi yg digunakan repair, Command Shell dari Webmin 1.962
  • Error disebabkan karna reset paksa saat update
  • Gejala Error, Layar login gelap blank.

Memperbaiki Error saat Update Ubuntu, Melanjutkan Update Manual

1. Login, jelas hal pertama yg dilakukan untuk memperbaikinya adalah login command shell / konsol ke Ubuntu yg bermasalah tadi via remote, bisa ke Webmin, SSH ataupun xRDP.

2. Pada command shell remote tadi masukkan lah perintah berikut secara berurutan

sudo apt-get update di Command shell webmin
sudo apt-get update di Command shell webmin



sudo apt-get update

dan setelah itu gunakan perintah berikut,

sudo apt-get -f install

atau bila lebih simple tanpa perlu memilih yes atau no pada saat install bisa menggunakan perintah,

sudo apt-get --assume-yes -f install

input kedua command diatas terus menerus hingga yg tersisa hanya error pada package update bukan pada update. (biasanya hanya butuh 2-3 kali)

3. depackage dan clean package, setelah bolak balik di 2 command diatas, ketik command beikut untuk melakukan clean package cache.

sudo dpkg --configure -a

lalu

sudo apt-get clean

4. Pada tahap  ini, Ubuntu gue udah munculin tampilan OS nya dan layar loginnya di monitor, sebenernya ini udah normal sih cuma di gue masih ada package update yg ga bisa di install, jadi gue secara direct menuju menu Software Update (ga melalui remote lagi ya, soalnya udah normal OSnya) lalu install update yg di rekomendasikan disitu. 

Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa)

Dan selesai. Ubuntu gue udah jadi Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) dan berjalan dengan perfect.



Next Post Previous Post
1 Comments
  • Junn
    Junn 25 Januari 2022 pukul 16.43

    sangat membantu, thanks

Add Comment
comment url