Mengatasi Error Live Mail 550 SMTP AUTH is Required for Message Submission on Port 587 melalui WHM

Error 550 SMTP AUTH is Required for Message Submission on Port 587

Berikut ini gue bakal nulis gimana sih cara mengatasi Error Live Mail 550 SMTP AUTH is required for message submission on port 587 yg terjadi di Microsoft Live Mail. Untuk perbaikan ini dibutuhkan akses langsung ke WHM atau Webhost Manager ya, atau dengan kata lain perbaikannya dari VPS itu sendiri.

Nah, error 550 pada SMTP AUTH ini disebabkan dengan dibutuhkannya  pengamanan SSL untuk jalur email Live Mail, baik dari client ataupun di server. Hal ini disebabkan karena Mail Server (dalam hal ini VPS) memiliki opsi require SSL yg dalam keadaan aktif (ON). 

Untuk itu, kita hanya perlu menonaktifkan fiture security ini agar per email-an kembali normal tanpa harus menggunakan SSL. Tapi, hanya saja settingan SSL ini memang untuk keamanan per-emailan sehingga disarankan untuk tetap digunakan. 


Perbaiki Error 550 SMTP AUTH 

Pertama-tama login lah ke WHM temen-temen masing-masing, inget WHM bukan CPANEL, kalo akses temen-temen hanya sampe CPanel, harap hubungi administrator ya.

Mengatasi Error Live Mail 550 SMTP AUTH is Required for Message Submission on Port 587 melalui WHM


Setelah berada pada dashboard WHM, pilih lah menu utama disamping dengan nama Exim Configuration Manager.

Lalu pada halaman Exim Configuration Manager, Pilih Tab Basic Editor, dan cari lah tag Security. Pada bagian Tag Security ini, cari lah Require clients to connect with SSL or issue the STARTTLS command before they are allowed to authenticate with the server. 

"Require clients to connect with SSL or issue the STARTTLS command before they are allowed to authenticate with the server." ini pada defaultnya berada dalam keadaan ON, lalu OFF kan lah. Setelah itu klik tombol Save dipaling bawah halaman.

Biarkan Daemon dan proses lainny restart. dan cobalah ulangi kembali mengirim email dengan settingan dengan atau tanpa SSL.

Setting email (Non SSL)

mail.domain.com
port outgoing : 587
port incoming : 110

Selamat mencoba.

Artikel Terkait Mengatasi Error Live Mail 550 SMTP AUTH is Required for Message Submission on Port 587 melalui WHM

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url