8 Step Cara Setting Whitelist Wifi dengan WLAN MAC Filter Modem Indihome Huawei HG8245U



Pernah ga sih temen-temen kecurian wifi? Punya Wifi tapi lemot banget, eh gtaunya di curi tetangga speednya. Nah, untuk ngamanin itu semua, gaperlu lg temen-temen ganti password wifi secara berkala, tapi cukup di whitelist kan saja perangkat yg boleh terhubungnya. Atau dengan kata lain ini cara memberi akses kepada perangkat yg diketahui aja.

Nah, pertama-tama kita harus tau dulu MAC Address setiap gadget, handphone ataupun laptop yg kita miliki. Bisa dengan mengecek langsung pada masing-masing gadget nya dan pilih pengaturan.


Atau cara yg cukup ringkas adalah dengan login ke modem, lalu pilih status, lalu pada sub menu pilihlah User Device Information, maka disitu akan terlihat jelas gadget mana saja yg terkoneksi dengan wifi, beserta MAC Address nya.

Nah, catet lah seluruh MAC Address yg temen-temen punya dan kenali, lalu mari kita mulai setting Whitelist Wifi di modem Indihomenya HG8245U.

Setting Whitelist Wifi dengan WLAN MAC Filter Modem Indihome

1. Pertama-tama, temen-temen bisa login ke Modemnya, dalam hal ini modem Indihome Huawei HG8245U ini make user password Defaultnya itu,

Username  : Admin
Password : admin

2. Nah, selanjutnya pada tab menu, pilih lah Security.
3. Pada Menu yg ada dikanan setelah memilih security Pilih lah WLAN Mac Filter Configuration.

WLAN MAC Filter Configuration Modem Indihome Huawei HG8245U
4. Pertama" Ubahlah Filter Mode dari Blacklist menjadi Whitelist. Enable WLAN MAC Filter nya JANGAN di centang dulu ya. Nanti terakhir aja. Soalnya berabe kalo di centang dulu!

5. Lalu, untuk menambahkan Mac Address dari gadget kta di menu WLAN MAC Filter Configuration ini, temen-temen bisa meng-klik tombol New di pojok kanan halaman ini. Lalu akan muncul baris baru pada table nya, dan isikan pada SSID Index: SSID 1 (bila Wifinya cuma 1). Dan isikan Source Mac Address nya dengan MAC Address dari gadget temen-temen. Lalu klik Apply. Pas proses input ini, pastiin ga ada kesalahan nomor atau penulisan MAC Address ya. Trus juga make pemisahnya itu ":" titik dua, bukan lainnya.

Input Mac Address WLAN MAC Filter Configuration Modem Indihome Huawei HG8245U

6. ulangi point 5 hingga seluruh MAC Address gadget temen-temen tertulis semua, setelah itu baru centang Enable WLAN MAC Filter-nya. dan restart modemnya.

7. Setelah setting ini, maka ga bakal ada yg bisa konek wifi temen-temen walo passwordnya udah tau sekalipun, kecuali Mac Addressnya udah di daftarin terlebih dahulu.

8. Bila terlanjur di enable dan gadget temen-temen ga bisa konek ke Wifi, bisa di setting menggunakan kabel LAN ya, jd cukup aman.

Nah segitu dulu tips dan trik dari gue, semoga membantu temen-temen.

Artikel Terkait Cara Setting Whitelist Wifi dengan WLAN MAC Filter Modem Indihome Huawei HG8245U

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Unknown
    Unknown 6 Juni 2021 pukul 04.30

    Kak saya semuanya tidak ada yg konek gmn itu,semuanya ga bisa msk wifi lgi

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 6 Juni 2021 pukul 09.37

      hubungkan via kabel LAN langsung ke modem, lalu delete whitelist. dan configurasi ulang.

  • Anonim
    Anonim 30 Oktober 2023 pukul 19.39

    Kak kalo ngebalikin ke mode blacklist lagi kek mana?

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 31 Oktober 2023 pukul 07.52

      tinggal ganti filter mode nya aja dari whitelist ke blacklist

Add Comment
comment url