2 Cara Memperbaiki Komputer Layar Blank Hitam Karena VGA NVidia GT 720 Panas


Komputernya itu ga nunjukin notifikasi error apapun, cuma layarnya blank hitam dan komputernya tetap menyala. Ini error nya kenapa? trus perbaikannya gimana? 

Begitulah kira-kira yg gue alami 2 minggu lalu, saat ada komputer drafter di kantor gue yg mengalami hal ini. 

Ciri Kerusakan Komputer Layar Blank Hitam Karena VGA Panas

Komputer nya ini blank jika digunakan cukup lama dan menggunakan program dengan spesifikasi grafis tinggi, semisal Autocad dan 3ds'max.

Awalnya gue cukup kesel, karena kadang seharian kerja layar blank ini ga muncul sama sekali, kadang baru jg dipake 15menit eh dia nge blank, dan bisa sehari nge blank 3 kali.

Nah, gue mulai pengecekannya dengan membuka case komputernya, lalu setelah itu gue coba menyalakan dalam posisi case terbuka. dan benar saja, kipas pada VGA nya berputar tidak teratur, kadang menyala lalu berhenti lalu bergerak sangat pelan. Dilain waktu, kipasnya bergerak sangat pelan hingga gerakannya seperti ga terdeteksi sama sekali.

Cara Memperbaiki Komputer Layar Blank Hitam Karena VGA Panas

Setelah memastikan kipasnya (cooler) nya yg error, atau bisa di sebut kerusakan pada dynamo kipasnya. Hal-hal yg gue lakuin untuk memperbaikinya adalah,




1. Pertama-tama gue copot kipas yg menempel pada heatshink VGA nya dengan menggunakan obeng, lalu gue bersihin kipas nya, dan gue berikan sedikit oli pada bagian tengah kipasnya agar perputarannya kembali lancar. 

Apabila setelah dicoba perputarannya masih belom ada, saya sarankan untuk mengganti kipas Processornya dengan kipas case komputer yg di tempelkan ke heatshink nya secara langsung.

2. Lalu sebelum pemasangan cooler (kipas) nya kembali, gue membuka heatshink nya lalu mengganti pasta pada processor VGAnya untuk mendapatkan hasil yg lebih baik.

Dan setelah 2 langkah itu gue lakuin Komputer rekan kerja gue ini kembali normal tanpa ada kasus layar blank lagi. Dah cuma gitu doang, gampang sebenernya tp g tau kenapa gue keder aja kmren wkwkkww. 

Artikel Terkait 2 Cara Memperbaiki Komputer Layar Blank Hitam Karena VGA NVidia GT 720 Panas


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url