Cara Mencari Driver yg Cocok untuk Device Hardware Komputer yang Baru Instal Ulang.


Eyowatsaap,
Setelah beberapa hari kemaren cuma bahasa soal Gundam dan Gunpla, kali ini gue mau ngasih tau cara buat dapetin Driver yg cocok buat Device Hardware komputer temen-temen yg mungkin abis diinstal ulang dan drivernya ga komplit.



Pernah kan ngalamin abis nginstal ulang trus beberapa Device Unknown? ato mungkin sound nya ga fungsi sama sekali, ato wifinya ga fungsi sama sekali? nah itu tuh gegara Drivernya belum terinstal, jadi Windows belum bisa memperkerjakan Hardware yg terpasang tanpa ada drivernya. Sampe sini paham?


Nah Solusinya itu adalah https://devicehunt.com/ . Sebelumnya gue make pcidatabase.com yg sekarang ga tau udah kemana tuh website. kayanya di ganti device hunt ini deh. Gimana cara mencari Driver untuk Hardware komputer nya?

1. Run Device Manager, bisa melalui klik kanan my computer lalu properties lalu pilih device manager. Ato bisa Windows + R (Run), lalu klik devmgmt.msc dan RUN!


2. Lalu cek lah setiap Device yg masih bertitle unknown device atau beri icon warning, biasanya di other devices.


3. Klik kanan salah satu unknown device tersebut, lalu pilih properties.



Pada Device properties ini, Pilih Tab Details, lalu pada property nya pilih list Hardware Ids. Setelah itu perhatikan VEN_1969&DEV_2062 nya aja, karna yg bakal dibutuhin itu doang sih. cara Baca Hardware Ids ini begini ya :

VEN_1969 = Vendor / Pabrikan / Merk dari Hardware tersebut.
DEV_2062 = Type / Jenis / Nomor kode produksi Hardware Tersebut.

Nah masukkan kedua kode itu ke https://devicehunt.com/, oiya, untuk Type nya di sesuain aja ya, kalo untuk hardware internal biasanya PCI, kalo yg make USB misal Flashdisk / USB Wifi adapter pake aja USB. Dan kali ini gue makenya PCI.



Nah,  udah dapet kan Merk dan Jenis Nama Device nya? tinggal cari deh Driver nya di google, gue biasanya make keyword "Driver AR8152 v2.0 Fast Ethernet Download" ato bisa juga make "Driver Qualcomm Atheros AR8152 v2.0 Fast Ethernet Download" ato bisa juga gampangnya make "Driver Ven_1969&Dev_2062". Di Sesuain aja sama keinginan masing-masing. Nah, udah pada paham kan? jadi segini dulu, kek biasa kalo ada yg kurang ngerti bisa komen aja langsung, ntar gue jawabin. see ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url