Custom Dasar : Detailing Miss-Color Mudah HG 1/144 Gundam Barbatos First Form dengan Gundam Marker




Halo, wassap gaess
Kali ini gue bakal ngasih tau cara custom dasar, ato mungkin dasar banget dengan modal Gundam Maker ya. Menurut gue ini cara mudah sih, punya gundam yg cukup detail dengan modal hanya spidol / Gundam Marker.

Udah pada taukan sebelumnya kalo gue itu abis rakit HG 1/144 Gundam Barbatos. Gue itu tipikal builder yg ga pernah begitu suka make stiker untuk detailingnya. Jadi, sebagai bahan ujicoba gue make HG Gundam Barbatos gue yg baru rakit ini untuk di custom dasar detailing mudah buat builder pemula-pemula kaya gue.


Jadi gimana cara gue, buat HG Gundam Barbatos gue yg tadinya kek gini,


Jadi seperti ini,

Pada tau kan bedanya? coba perhatikan deh biar jelas heueheuheuhe. Nah, mau tau cara gue? siapin dlu alat-alatnya.

Alat dan Bahannya.

1. Gundam Marker Kuning, Merah (opsi hijau) dan Hitam. (Kalo ga ada Gundam Marker bisa make Spidol Permanent juga kok, sesuai kreasi temen-temen aja, mau murce boleh aja kok disini)
2. Mr. Hobby Thinner / Thinner ringan ya, jangan yg keras banget, takutnya ngerusak. Ato amannya, pake bahan kimia Isopropyl IPA, sesuain sama item nomor 1 yg mau dipake ya, karena kalo spidol permanent kadang ga bisa make IPA.
3. Cutton Bud / Korek Kuping yg ada kapasnya
4. Tissue
5. Tusuk Gigi
6. HG 1/144  Gundam Barbatos dari HG Iron-blooded Orphanse Series. Kalo ga ada ini bisa diganti sama yg lain, cuma karna gue mo kastem yg ini jadi ntar sesuain aja sama gundam temen-temen ya.




Pertama-tama, temen" nge konsepin dlu warna apa untuk dimana, bisa make print gambar nya dari internet, trus coba di warnain make spidol" gambarnya. Setelah dikira konsepnya sudah bagus, maka lanjutkan. Gue kebetulan lagi kepengen detailing sesuai art box nya aja, jadi gue skipp proses print dan konsep ini, karna udah ada di art boxnya gambar nya.

Nah, part pertama yg selalu gue mulai buat detailing miss-color itu adalah part mata, gue ga ngambil poto muka nya sih, soalnya terlalu deket kamera hape gue malah ga fokus waokowakowa. cuma kira" bisa dilihat dari sini deh.


Keliatan kan? gue hitamkan bagian pelipis mata nya dengan Gundam Marker Hitam. Gimana caranya, Untuk bagian pelipis atas tinggal di tulisin aja kaya lgi gambar, inget hitemin dibagian pelipis aja, matanya jangan dulu, biarin putih. Untuk bagian yg ga terjangkau sama Gundam Marker Hitam, pake tusuk gigi yg diruncingin, terus cocolin tusuk gigi runcing tadi ke Gundam Marker Hitamnya. Lalu, apply ke sudut" pelipis bawah yg notabenenya agak susah. semangat!

Nah selanjutnya, keluarkan sedikit tinta Gundam Marker Merah dengan cara tekan tekan kan ujungnya pada alas plastik. Terus make tusuk gigi yg belum diruncingkan, applykan ke bagian mata. Kenapa bagian matanya gue pengen Merah? soalnya Gundam Marker ijo gue warna ijonya pastel" gitu ga begitu suka gue. jadiin aja merah lah.



Nah, untuk bagian pundak, perut dan lutut yg berwarna merah, gue masih tetep make Gundam Marker merah yg di apply nyesuain panel line yg ada di tempat tempat itu. Gapapa agak blepotan, nanti kita benerin. Cobain apply dulu Gundam Marker merahnya ke bagian pundak, nah sisa blepotannya itu di lap dengan tissue dan cutton bad, pelan-pelan aja jngn terlalu teken. Dan juga jngan sampe masuk ke panel line yg sudah merah, cukup elus bagian atas yg Gundam Markernya bleberan itu aja. Kalo sudah terlanjur kering, celupkan sebagian keciiiiiilll cutton bud ke Mr. Hobby Thinner (inget ya dikiiiiit aja) trus olesin cutton bud tadi ke bagian Gundam Marker merah yg meluber tadi. Inget, dikiiiittt aja thinnernya, jngn basah basah banget cutton budnya.



Nah untuk bagian jari kaki dan sedikit dibagian punggung tangan, di apply-kan aja make Gundam Marker Hitam, langsung aja dengan hati". Dan kalo ada yg luber dan kurang rapih gunakan tehnik celup cutton bud dengan thinner dikiiiiittt ajah tadi.

Dan voila, HG 1/144 Gundam Barbatos First Form Gue udah agak mirip sama art boxnya, jadi ga cuma putih-putih doang woakoawkoakwoaw.

oke deh segitu aja dulu untuk tutorial penggunaan Gundam Marker buat detailing miss Color HG ini. see ya.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url