Install Operating System OS Microsoft Windows 7 dengan type GPT Partition dan UEFI non CSM Bios

supgaess..
Kangen gue kaga? kaga pastinya kan ya? woakowkaokwa
Oke kali ini tutorialnya agak alur maju mundur, dimana gue mo nginstall OS Windows 7 (yg biasanya MBR Partition Format) di Motherboard ke kinian yg ngedukung GPT Partition Format.

Sebagai bahan percobaan gue make Spesifikasi CPU kek gini.
Motherboard : Gigabyte H81M-DS2 ver 3.0
RAM : 8GB DDR3
Processor : Intel Core I3
VGA : Shared
Harddisk : AData SSD 120GB

Untuk Aplikasi bootable maker nya, gue make RUFUS 3.4 di install di Windows 8.1. Gue make USB Flashdisk Toshiba yg warna putih (ga penting ini merknya cuma biar detail aja, wkkoawkowak) dan yg terpenting adalah ISO Windows 7nya gue pake Windows 7 Ultimate SP1 x64 (Inget, harus SP1 dan x64bit, karena 32 bit ga bakal bisa).

Pertama-tama kita siapin dulu flashdisknya untuk membuat USB Flashdisk bootable OS Windows 7 Installernya. Colokan flashdisknya, kemudian buka Rufusnya. Open file ISO Windows 7 SP1 64bitnya, lalu setting Rufus sesuai dengan yg gue tampilin dibawah ini.


Sorry, gue make gambar google. Ga sempet screenshoot punya gue. cuma yg jelas settingannya sama kek gini wokaokwaokaowk. Liat yg dikotakin merah, kudu sama kaya gini ya. Terus tinggal klik START.

Tunggu hingga selese.

Jika udah selese. Colokan flashdisk tersebut di CPU yg pengen diinstal, lalu nyalakan komputer itu sambil menekan tombol DEL biar masuk ke BIOS.

Pastikan settingan berikut pada BIOS nya,
1. Pada Tab BIOS Features,
a. Pilih OS Type sebagai Other OS, karena pada dasarnya motherboard ini di standarkan untuk Windows 8.
b. Boot Mode selection, UEFI Only.
c. Storage Boot Option Control, UEFI First.
d. Other PCI Device ROM Priority, UEFI OPRom.



2. Pada Tab peripherals ubah Legacy USB Support menjadi disabled.
3. Lalu Save




Selanjutnya, restart CPU nya dan masuk Boot Selection dan pilih USB yang tadi telah di setting OS Windows 7 dengan GPT Partition Format. dan tadaa ... normal seperti instal ulang windows 7 pada umumnya kan? heuheuheueheu.

Oke, segini dlu gaess. seperti biasa kalo ada yg mau ditanyakan komen dibawah, kalo ga ada ya komen juga gapapa. Inget ya, DWYOR! lakukan dengan resiko sendiri. see ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url