Install dan Gunakan Google Chrome di Linux Ubuntu dan Debian dengan Akses Root



Sup Gaess,
lagi gue mo nulis tentang linux lagi, dan yeay gue dual boot sekarang, bukan karna mau sok jago, cuma mau lebih baik aja dalam menggunakan kedua OS ini (Windows dan Linux, Mac mahal).


Bagi pengguna Linux pemula, ntah kenapa gue agak sreg ke Kali Linux buat diinstal untuk user OS dan Ubuntu sebagai Server. ga tau kenapa gitu, pokonya sreg aja (bukan buat belaga jadi Pentest, heker ato pun lain-lainnya, ya). Nah, untuk Google Chrome sendiri di Ubuntu berjalan dengan smooth, tapi gimana kalo di Kali Linux yg make User Root sebagai default user nya? oke gini step-step instalasi nya sampe penggunaan Google Chromenya.

1. Download file instalan Google Chrome disini,

https://www.google.com/chrome/

karena gue make Kali Linux yg basenya itu ubuntu jadi gue pilih yg .deb.

2. Setelah download selese unpacking dan install file .deb google chrome tadi via konsol dengan mengetikkan


sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb; sudo apt-get install -f

maka akan dilanjutkan dengan proses instalasi. tunggu hingga selese.

3. Lalu, kalo udah selese coba dibuka Google Chromenya, bisa make Application list ato pun run. Dan kalo make user Root pasti ga bisa dibuka. Nah, cara biar dibuka dengan normalnya yaitu, lanjut ke bawah bacanya.

4. Ada 2 cara yg gue tau, 1 make konsol, 1 lagi edit Google Chromenya (cara ini cuma dipake sekali doang, kesananya sih enak cuma kek windows biasa).

a. Run Google Chrome as Root dengan Konsol
- Buka Konsol lalu ketik

google-chrome --no-sandbox --user-data-dir

maka Google Chrome akan terbuka dengan warning diatasnya. Warningnya apa? bisa komen dibawah ya.

b. Run Google Chrome as Root dengan edit Chromenya itu sendiri
- buka Google Chrome dengan editor kesayangan temen-temen (kalo gue Nano, jadi gue nulisnya gini di konsol)


nano /usr/bin/google-chrome-stable


terus abis itu di bagian bawah editornya gue ganti

exec -a "$0" "$HERE/chrome" "$@"

jadi

exec -a "$0" "$HERE/chrome" "$@" --user-data-dir --no-sandbox

trus Write Out dan Exit

setelah itu coba klik Google Chrome dari Applications. maka akan terbuka normal, tapi tetap masih dengan warning. Oke, selamat surfing gaess, see ya.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url