Mengenal dan Menggunakan Fungsi files:scan pada Owncloud

 Pada tulisan ini kamu akan mendapat pengenalan dan tata cara penggunaan dari fungsi files:scan yang ada pada Owncloud.


Apa itu Owncloud?

Mengenal dan Menggunakan Fungsi files:scan pada Owncloud


Owncloud merupakan perangkat lunak ataupun aplikasi yg digunakan sebagai File Hosting yg memiliki fungsi untuk menyimpan, membagikan dan arsip file file user. Secara fungsi Owncloud ini mirip dengan Google Drive yg biasa kamu gunakan.

Mengenal Fungsi files:scan Owncloud

Fungsi files:scan adalah salah satu fungsi dalam files occ yg terdapat pada Owncloud untuk memudahkan kamu memindai keseluruhan file user yg terdapat pada file hosting Owncloud. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan files:scan ini untuk memunculkan file yg kamu copy paste secara direct ke folder Owncloud/user/files.

Untuk fungsi help dari files:scan ini dapat kamu ketahui dengan menggunakan baris command dibawah ini:

sudo -u www-data ./occ files:scan --help


Menggunakan Fungsi files:scan Owncloud

Bagi kamu yg sering melakukan copy paste langsung ke folder user Owncloud kamu baik dengan menggunakan file explorer langsung ataupun webdav kamu sangat membutuhkan fungsi ini. Karena, apabila kamu telah melakukan perintah copy paste file diluar interface Owncloud, maka file kamu biasanya tidak akan dapat dilihat pada interface Owncloud itu sendiri. Nah, bagi kamu yg ingin memunculkan file yg di copy secara direct pada folder user/files Owncloud ini dapat menggunakan perintah files:scan dibawah ini.

Pertama-tama pastikan file occ di folder root Owncloud kamu dapat di eksekusi melalui konsol. Untuk memastikannya kamu dapat menggunakan command dibawah ini dengan menggunakan konsol yg sudah berada di folder root Owncloud kamu ya.

sudo chmod +x occ

Nah setelah itu, kamu baru dapat menggunakan fungsi files:scan yg merupakan bagian dari occ command ini.


Scan Seluruh File User pada Owncloud

Untuk kamu yg ingin melakukan scan file menyeluruh pada seluruh user Owncloud kamu, kamu dapat menggunakan fungsi files:scan sesuai dengan command dibawah ini.

sudo -u www-data /var/www/owncloud/occ files:scan --all


Scan Satu Folder File User pada Owncloud

Untuk kamu yg hanya ingin melakukan scan file pada salah satu folder user yg bermasalah tidak muncul atau terdapat tulisan pending pada size di Interface web Owncloudnya kamu dapat menggunakan fungsi files:scan berikut ini.

sudo -u www-data /var/www/owncloud/occ files:scan --path admin/files/FolderYgInginDiscan/

Nah, dengan perintah ini, seluruh files dan subfolder yg ada pada FolderYgInginDiscan di user admin akan di scan dan dimunculkan pada interface web Owncloud.

Itulah pengenalan dan tata cara penggunaan fungsi files:scan pada Owncloud yg dapat membantuk kamu dalam memperbaiki file user yg tidak muncul secara normal pada interface Owncloud.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url