Review Gunpla : RG 1/144 RX-178 Gundam Mk. II Titans Bandai


eyo watsap lagi manteman,
Kali ini gue mo review + WIP progress RG 1/144 Gundam Mk. II Titans Bandai. Agak beda dengan series Rakit Singkat yg biasanya, untuk Post Review ini gue bakal nampilin step by step nya, plus minus kit nya, dan penilaian lengkap dari gue.

Pertama, gue mo ngasih tau kenapa gue lebih milih yg RG 1/144 Gundam Mk. II Titans (Biru) daripada RG 1/144 Gundam Mk. II biasa (putih). Alasannya sederhana, karena kalo yg biasa itu warna putih, jd ada kemungkinan bakal menguning kalo dikoleksi dalam waktu lama. Seengganya tuh kalo warna selain putih ga begitu keliatan kalo menguning menurut gue. Dan alasan kedua, karna seri Titan punya part lebih yg di pake sama Mk II biasa tapi jg diikut sertain di packaging ini. semisal booster di kaki, gue dapet 2 jenis, part bahu juga gue dapet 2 jenis, jadi kalo misal gue mo ganti jd Mk. II biasa ya bisa aja cuma bedanya warna biru doang.

Oke, gue bakal mulai ngerakitnya dan ngebahas nya step per step. Pertama gue ngerakit kaki, karena ini RG pasti punya inner frame, karena kek orang" bilang RG itu PG yg di kecilin scalanya jadi 1/144 muehehe. 



Gambar diatas itu adalah gambar innerframe part kaki dari RG 1/144 Gundam Mk. II Titans yg menurut gue cukup basic lah ya, karena hampir mirip dengan seri RG lainnya. Yg jelas banget ngebedain dari seri RG lain dibagian kaki adalah, part yang mirip kaya pipa otot itu.  Pipa otot itu adalah selongsong dari kaya anyaman benang ngebentuk pipa yg diisi sama kawat item biasa (kaya gambar kaki 2 yg di sebelah kanannya). Jadi, part itu di potong-potong sesuai sama manual nya trus baru bisa dipasang, inget jangan sampe salah potong, soalnya bahannya minim banget cuma dikasih satu pipa yg kalo di potong  sesuai kebutuhan manual booknya lebihnya dikit banget,jadi kalo salah ya sama aja bakal ngerusak rakitan pipa ototnya. Oiya, tips dari gue, karena ini selongsong benang, jadi kal udah di potong sesuai ukuran, jangan lupa di bakar bagian ujung"nya sedikit, biar ga belel (benang nya bisa rontok).


Nah ini rakitan berikut inner frame waistnya, jadi inner frame kakinya udah gabung keduanya. 


Ini Progress sudah  hampir 50%, yaitu inner framena komplit (kecuali kepala). proporsinya menurut gue sih seperti seri Universal Century lainnya, agak kekar berotot dengan bagian pinggang dan dada yg agak lebar. Cuma, untuk bagian kokpitnya terkesan cuma kotak tok, ga ada hiasan kursi dan lain"nya. Dan juga ga dapet pilot yg lagi duduk di kokpit juga sih. hmm.


Kalo yg ini mulai ngerakit armor nya, dimulai dari armor kaki kanan, ya gue ngerakit sesuai sama manual booknya sih jadi ambil aman, ga pernah blind build wokawokaokwa.  tapi terlalu eman di part blakang kaki, sebagian nutup selongsong nya itu :( agak sedih sih gue.


Yeay, kedua kaki udah di armorin, menurut gue emang mirip sih sama RX-78-2 cuma ada sebagian di perbaharui, ga salah ini disebut  RX-178, dengan embel embel masih dengan seri 78.



Yeay,  ini armornya udah sampe badan dan waist. ya kan menurut gue agak aneh dibagian kokpit dan kokpit doornya, ga ada detail sama sekali, cuma bisa kebuka udah dalemnya g ada apa-apa. Oiya bagi yg minat ngeliat mobile suit AEUG ini dia ada di Mobile Suit Zeta Gundam series. Gue belom nonton, jadi jngn spoiler owakoakwoa.



Untuk part tangan, RG 1/144 Gundam Mk. II Titans ini di bekalin sama mechanical hand jempol dan telunjuk terpisah, dan tiga jari lainnya gabung jadi satu. selain itu dapet fixed hand juga beberapa, cuma menurut gue untuk seri ini lebih cocok kalo gue pakein mechanical handnya.


Yeay, akhirnya udah sampe di part bagian kepala. Nah, gue dari dulu ga pernah suka stiker apalagi seri RG, karena eye partnya RG itu biasanya clear parts jadi untuk yg ini gue ga pasangin stiker, cuma di bagian sela matanya gue Markerin make Gundam Marker hitam jadi ngebentuk mata nya aja yg clear, bagian lainnya hitam (tanpa sticker) hahaha.



Nah ini udah jadi sebadan, oiya beberapa parts ada yg gue ambil dari parts nya Mk. II biasa, soalnya gue lebih suka part itu, jadi mungkin bakal ga sesuai sama box artnya woakoawkoaw. Tuh liat deh, kalo di sorot dari belakang, kaya nyala vfin sama matanya woakowakoawk. seneng gue.



Nah ini persenjataan yg kita dapet di seri RG 1/144 Gundam Mk. II Titans Bandai ini. 
1. 1 x Beam Riffle
2. 1 x Shield
3. 1 x Hyper Bazooka
4. 1 x Backpack + 2 x Beam Saber
5. 1 x Vulcan Pod

Sebagai Tambahan info, Shieldnya ini bisa di naek turunin kek resleting, tapi jangan sering" karna bisa los. Dan juga, panjang pendek shieldnya harus di sesuaikan sama beban handle shieldnya, soalnya kalo ke beraten kadang suka jatuh kebelakang jadi ga bisa di pose bagus.



Overall, ini gundam keren, tingkat kerumitan nya itu standar RG deh, dan yg harus diperhatikan itu pas urusan sama selongsongnya, kalo gagal dikit aja, bakal gagal masang selongsong keseluruhan, soalnya ga ada backupan buat selongsongnya itu di packaging bawaanya. Shield yg berat juga menurut gue agak minus. Untuk snapfit itu agak susah di armor warna hitam, bahannya agak keras dari armor lainnya, jadi kadang kurang rapih buat ngilangin noobmark.

Untuk kelengkapan persenjataan, okelah, ya standar seri Universal Century Series sih, ada riffle, bazooka, shield dan beam saber, normal. Untuk artikulasi, cukup luwes meski agak susah maksain kaya human banget. Ya, standart robot biasa lah. 

Jadi, kalo gue bisa ngasih nilai overall untuk gundam ini 9/10 deh. Oke, segitu aja dari gue tentang Review Gunpla RG 1/144 RX-178 Gundam Mk. II Titans Bandai. Untung nanya lebih lanjut bisa comment dibawah ya, gue bakal jawab sebisa gue. Oke then, See ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url