Memperbaiki Windows cannot be installed to this disk


Eyo, Whatsapp, sebelumnya mohon maaf lahir batin ya teman-teman, jika tulisan saya tidak dapat membantu temen-temen dalam menyelesaikan setiap kerusakan ato pun ripiwan nya kurang mudah dipahami, mumpung masih suasana lebaran juga. hehe

oke, kali ini gue nemu problem yg cukup menyebalkan, mirip seperti error saat instal ulang Windows 7 di Cara Mengatasi A Required CD/DVD drive device driver is missing Saat Instal Windows 7 dan kali ini menimpa gue pas nginstall Windows 8. apa itu? cekedot dibawah.

Nah, problem gue yg gue alamin ini adalah Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disks. apa itu artinya? artinya type hdd laptop yg gue pengen install itu jenis MBR Partition Table. sedangkan Windows 8.1 yg pengen gue install itu make GPT disk type. Bingung? gampangnya gini, mereka ga cocok, ga jodoh gitu.

Nah, gimana cara gue memperbaikinya?
BACA TATA CARANYA BAIK-BAIK KARENA DIPASTIKAN DATA KALIAN AKAN HILANG.

INGAT! DWYOR : DO THIS WITH YOUR OWN RISK. 

1. Kalo seandainya masih ada data penting di HDD tersebut, BACKUP DAHULU!
2. Untuk amannya gunakan CLEAN HDD / HDD BARU 
3. masuk lah ke mode install windows, bisa dengan flashdisk / DVD (bebas) lalu pada layar menu Install Windows Tekan Shift + F10. atau bisa ke menu trouble shoot lalu pilih Command Prompt. intinya kudu lewat command prompt pokonya mah.
4. lalu ketikkan lah command berikut di command prompt nya.

diskpart
list disk

nah pas posisi ini, pilih hdd yg akan di convert jd GPT, inget pilih dengan seksama mulai dari ukuran hdd nya agar ga salah pilih, kalo gue kan install laptop make flashdisk jadi akan ada 2 disk yaitu 0 dan 1, jadi kalo ukurannya cuma 16GB (kecil) berarti itu flashdisk, kalo ukurannya 300GB (besar) itu hdd laptopnya. jadi, gue pilih yg besar yg diindikasikan di Disk 0. lalu gue ketik command berikut.

select disk 0
clean
convert gpt

maka hdd laptopnya akan berubah menjadi GPT, exit command prompt lalu restart. maka hdd tersebut akan kembali menjadi 1. Lalu akan dapat diinstal windows 8.1 kembali.

INGAT! DWYOR : DO THIS WITH YOUR OWN RISK. 

cara lain akan gue post di next post ya, soalnya gue ngepost ini jg karena gue baru make tadi barusan. karena windowsnya udah bener" rusak. oke, see you in the next post!



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url