Setting Auto Startup Saat Booting Sebelum Login pada Ubuntu dengan rc.local


Nulis lagi di blog usang gue. Sebenernya gue nulis blog itu cuma buat catetan gue aja sih, jadi kalo gue nemu error gitu lagi gue bisa lihat dari tulisan gue. Jadi, kalo temen-temen yg baca terbantu dengan adanya tulisan gue ya alhamdulillah, kalo engga ya maap-maap aja, karena case di gue yg gue tulis di sini itu solved semua dengan cara yg tertulis.

Oke, kali ini gue abis setting startup shell command yg auto jalan pas ubuntu menyala, ato biasa di sebut Auto startup before login. Nah, sebagai bahan acuan gue make ;

Ubuntu 16.04.5 LTS, Xenial

Untuk step-stepnya gini.
1. Cek ketersediaan service RC.Local dengan mengetik command dibawah di konsol.

systemctl status rc-local.service

bila hasilnya seperti ini, maka bisa lanjutkan ke nomor 2, kalo berbeda kemungkinan Ubuntu temen-temen ga support RC.Local.


2. Selanjutnya dengan user administrator buka file /etc/rc.local dengan gpedit / nanoedit / notes editor pilihan masing-masing.

3. Tulislah di atas sebelum exit 0 path shell script yg akan di running saat Ubuntu booting. dengan format

sh 'path/namascript.sh'

seperti contoh dibawah, lalu save.


4. Cobalah restart Ubuntu temen-temen, kalo caranya bener, maka tanpa login pun scriptnya akan berjalan saat Ubuntu booting.

Terima kasih telah membaca, semoga membantu. see ya.

NOTES : gue baru nyoba untuk shell script ya, belom nyoba yg laen. dan seperti biasa DWYOR!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url