Cara Membuat Child Theme pada Wordpress

 Bagi kamu yg ingin membuat Child Theme Wordpress agar kamu dapat merubah Theme sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa khawatir perubahan tersebut akan hilang bila Theme diupdate, kamu membutuhkan tutorial berikut ini.


Child Theme Wordpress

Logo Wordpress


Child Theme pada Wordpress merupakan sebuah template atau tema duplikasi yang mengacu pada tema asli yang terinstal di Wordpress. Dengan menggunakan Child Theme, Anda dapat melakukan perubahan pada tema tersebut tanpa khawatir mengubah tema aslinya. 

Hal ini sangat berguna terutama ketika ada pembaruan pada tema asli, karena script yang sudah Anda buat pada Child Theme tidak akan mengubah tampilan yang sudah ada.

Penggunaan Child Theme juga sangat dianjurkan dalam konteks SEO. Ketika Anda melakukan perubahan-perubahan pada Child Theme, perubahan tersebut tidak akan berdampak signifikan pada tema asli. Hal ini berarti meskipun tema asli telah diperbarui, mesin pencari seperti Google tetap akan melihat template yang sama karena perubahan yang Anda buat terjadi pada Child Theme. 

Dengan demikian, penggunaan Child Theme pada SEO akan memastikan konsistensi tampilan situs Anda tanpa harus khawatir tentang dampak pembaruan tema asli terhadap peringkat pencarian.


Cara Membuat Child Theme pada Wordpress

Untuk membuat Child Theme Wordpress kamu hanya perlu menginstall Theme yg kamu inginkan, setelah itu bukalah melalui Cpanel Explorer ataupun melalui FTP folder /public_html/wp-content/themes/. 

Pada folder themes itu buatlah folder baru dengan "namaTemaygkamuCopy"-child misal, Tema-Child. Lalu isi lah folder Tema-Child itu menggunakan 2 buah file yaitu, Style.css dan functions.php.

Editlah file functions.php ini dengan script dibawah ini;


<?php

// Add custom Theme Functions here


Kemudian Edit style.css dengan script dibawah ini, sesuaikan dengan Theme Wordpress yg kamu inginkan ya;

/*

Theme Name: Tema Child

Description: This is a child theme for Tema Theme

Author: Author Tema Theme

Template: Tema

Version: Tema version

*/



/*************** ADD CUSTOM CSS HERE.   ***************/





@media only screen and (max-width: 48em) {

/*************** ADD MOBILE ONLY CSS HERE  ***************/





}


Nah, setelah itu akan muncul Tema-Child pada bagian Theme list di Wordpress Dashboard kamu. Itulah cara membuat Child Theme pada Wordpress.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url