Memperbaiki Windows 11 Preparing Windows Pada Login Screen

Memperbaiki Windows 11 Preparing Windows Pada Login Screen

Beberapa hari silam, Gue meng-upgrade OS laptop gue yang sebelumnya adalah Windows 8.1 menjadi Windows 11. Baru sekitar seminggu Windows 11 gue mengalami login lama disusul dengan notifikasi Preparing Windows di layar loginnya. Dan yg lebih parahnya lagi, setelah berhasil masuk desktop Windows 11 nya, data di folder document dan download gue ilang, settingan gue ilang, sampe start menu Windows 11 nya juga ikutan ilang. Lah ini knapa?


Nah, gue akan ngejelasin gimana cara gue ngebalikin data dan settingan gue yg sebelumnya sekaligus memperbaiki Windows 11 Preparing Windows setelah login ini.


Detail Kerusakan

Saat awal boot, gejala kerusakannya tidak menunjukkan error apapun. Keanehan dan pesan Preparing Windows muncul setelah tulisan Welcome pada Login Screen dari Windows 11 ini. Windows 11 ini kemudian akan load cukup lama pada login screen dan dengan tulisan Preparing Windows.

Setelah menunggu agak lama, Windows akan masuk ke Desktop awal namun dengan settingan saat pertama kali di instal ulang dan kamu akan kehilangan Start Menu pada taskbar nya.

Dan jika kamu mencoba mengexplore file kamu di document ataupun folder download kamu tidak akan menemukannya. Ya, ini seperti Windows 11 kembali ke settingan awal pabrik.


Memperbaiki Preparing Windows Login Screen pada Windows 11

Setelah kamu tau detail kerusakan yg udah gue alami, selanjutnya adalah gimana cara memperbaikinya. Berikut, adalah cara memperbaiki Preparing Windows 11 Login Screen.

Membuka Command Prompt Menggunakan Task Manager

  • Kamu perlu membuka Task Manager dengan menggunakan koombinasi tombol CTL+ALT+DEL lalu pilih task manager.
  • Pilih More Details pada bagian bawah task manager
  • Pilih menu File lalu Run New Task
  • ketik cmd lalu open

Membuka Command Prompt Menggunakan Menu Run

  • Selain menggunakan kombinasi tombol itu, kamu juga bisa menggunakan Windows + R untuk membuka menu Run 
  • Lalu ketik cmd dan enter untuk membuka command prompt

FIX Windows 11 Preparing Windows Pada Login Screen

  • Pada Command Prompt yang udah dibuka tadi, ketik script dibawah ini secara terus menerus tanpa enter.

reg delete HKCU\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\IrisService /f && shutdown -r -t 0

  • Setelah terketik seluruhnya, pastikan kembali setiap ejaannya lalu tekan enter.
  • Windows kamu akan restart dengan sendirinya dan saat login berikutnya maka settingan kamu akan kembali dan seluruh file kamu sebelumnya juga ikut kembali seperti sedia kala.
Nah, itulah cara memperbaiki Windows 11 Preparing Windows Pada Login Screen yang menyebabkan kehilangan start menu dan settingan serta file document yang udah disimpan sebelumnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url