Menyalakan Komputer Otomatis ala Komputer Server


Yo whatsap teman-teman, nulis lagi setelah sekian lama. Dan kategori sekarang gue mau ngasih tau setting  Bios yang udah ada dari dulu tapi cukup keren buat dipake sampe sekarang. Apalagi untuk Komputer Server yang diharuskan auto menyala.

Yap Fungsi di bios ini namanya Restore on AC Power Loss, fungsi ini di gunakan untuk mengatur bila terjadi kehilangan tegangan listrik pada komputer pada kasus mati listrik lalu selang beberapa waktu listrik menyala kembali.

Untuk mengatur fungsi ini kita diharuskan masuk ke Bios Komputer / laptop yang akan digunakan untuk praktek, bisa menggunakan F2 atau Del tergantung Komputer / Laptop yang digunakan. lalu cari lah fungsi Restore on AC Power Loss , tempat menu ini berbeda-beda, jadi harap di teliti untuk mencarinya.



Setelah Restore on AC Power Loss, nya akan terdapat 3 pilihan, yaitu :

  1. Stay Off, adalah untuk tetap mati jika listrik menyala kembali.
  2. Power On, untuk menyalakan Komputer bila listrik menyala kembali setelah mati sebelumnya.
  3. Last State, untuk mengatur apakah tetap off atau menyala kembali sesuai dengan kondisi sebelum listrik mati.


Untuk mencobanya bisa dengan mencabut kelistrikan CPU lalu mencolokkannya kembali, apakah fungsi tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Oke teman-teman, semoga tips singkat ini dapat di jadikan bahan pembelajaran untuk membuat server rumahan yang auto menyala jika mati listrik. See ya.


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Sam David
    Sam David 7 Desember 2020 pukul 09.39

    Kalo PC dalam keadaan mati terus listrik PLN mati lalu selang beberapa waktu listrik menyala kembali, tapi listrik dirumah MCB nya Jepret (Jeglek) karena tidak kuat menahan lonjakan arus. apakah ada settingan untuk Power Supply di Bios untuk ini??

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 7 Desember 2020 pukul 10.20

      kalo settingan yg dimaksud adalah untuk tidak menyala saat baru pertama kali listrik menyala jawabannya ga ada, karena settingan yg tersedia hanya ada 3,
      .
      .
      stay off = artinya akan mati jika listrik menyala kembali
      power on = otomatis menyala bila ada aliran listrik
      Last state = akan merecovery keadaan komputer sebelum listrik mati. jika komputer keadaan mati sebelum listrik mati maka komputer akan mati, bila komputer menyala saat sebelum listrik mati maka komputer akan menyala kembali jika listrik menyala.

Add Comment
comment url