Perbaikan Printer Dot Matrix yang Tidak bisa Print karena Windows Update


Baru-baru ini, beberapa Windows yang auto update nya di aktifkan mengalami gangguan printer dot matrix yang ga bisa nge print, diem aja gitu kek printer bego. Dan gue ngalamin di kantor gue dengan OS Windows 7 yang terupgrade ke Windows 7 SP 1. Dan gue kesel, entah kenapa mendadak seperti itu.

Laporan Printer-printer dot matrix yang mengalami silent (diam tanpa pergerakan) yang gue terima adalah type :

1. Epson LQ 310
2. Epson LX 310 II (Yang di kantor Gue, dan gue perbaikin langsung)
3. Epson LX 300

Setelah di telusuri, dan ternyata bener, problemnya itu ada di Update Windows. Dan hampir semua OS Microsoft yg terupdate memiliki error ini pada package :

Windows 7 – KB4048957
Windows 8 – KB4048958
Windows 10 – KB4048952  KB4048953  KB4048954 KB4048955

Lalu, bagaimana memperbaikinya?

Ternyata gampang, Uninstal aja. dan cara paling gampang untuk uninstalnya yaitu via Command Prompt. Yaitu, Buka Command Prompt dengan cara, Klik Start Menu, lalu pilih Run, atau bisa menggunakan Winkey+R dan ketikkan CMD, pastikan CMD dalam keadaan administrator Run.


Lalu ketikkan barisan perintah di bawah ini,

wusa /uninstall /kb:4048952 /quiet /warnrestart
wusa /uninstall /kb:4048953 /quiet /warnrestart
wusa /uninstall /kb:4048954 /quiet /warnrestart
wusa /uninstall /kb:4048955 /quiet /warnrestart
wusa /uninstall /kb:4048957 /quiet /warnrestart
wusa /uninstall /kb:4048958 /quiet /warnrestart

tunggu hingga ada notifikasi untuk melakukan restart, atau restart otomatis, maka progress update akan terjadi seperti biasanya, lalu setelah terestart, printer akan dapat digunakan kembali.

Oke segitu dulu ya teman-teman, terima kasih. See ya.

UPDATE :
Microsoft telah memperbaiki patch ini pada update Akhir November 2017.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url