Review Ubiquiti Unifi Access Point Long Range (AP-LR)



Balik lagi gue nulis Review-an singkat tentang Networking Tools, yang lama-lama blog gue ini isinya tentang Modem-modem doang. mahahaha.

Ubiquiti Unifi Access Point Long Range ini gue beli buat kebutuhan kantor gue yang ga cukup ditampung sama AP TP-Link, yang kalo panas semua localnet user jadi RTO masa. Kan kesel guenya jadinya.

Nah, untuk itu gue kasih solusi untuk beli AP baru dengan harga sejutaan yang sekiranya bisa buat di gangbang sama user sekantor gue, yang kisaran 40 orangan.



Dari segi desain Ubiquiti Unifi Access Point Long Range ini cukup smooth dengan bentuk bundar dan seperti piring terbang dengan led indikator yang berada di lingkaran dalam atasnya, cukup membuat takjub buat yang membeli dan menginginkan Access Point yang futuristik.


Pada pembelian, sudah disertakan Ubiquiti Unifi Access Point Long Range 1 buah, Buku Panduan pemasangan ke plafon, Mur-mur dan baut-baut serta bundaran plat besi untuk penempelan di tembok ato plafon, dan power adapter. Gue ga paham nih AP maunya apa, beneran ga ada tutorial apapun buat setting Ubiquiti Unifi Access Point Long Range ini, adanya juga tata cara perakitan plat besi dan pemasangan ke plafonnya. buat apaaaaa. emak-emak baru nyoba masang bata juga tau caranya. Dan lebih okenya lagi, set ini ga disertakan LAN cable! untung TP-Link gue kemaren ngebonusin Kabel LAN setiap pembelian alatnya. apadah ini AP maunya. kalo ga ada LAN gimana mau nyala tuh AP, deuh.

Kekurangan lainnya Ubiquiti Unifi Access Point Long Range ini adalah, user interface dan cara setting yang gak umum, dimana admin harus menginstal Controllernya + Java Environment agar bisa setting atau masuk admin pagenya. (Untuk tata cara settingnya, ntar gue tulis di Post Tata Cara Setting Ubiquiti Unifi ).

Secara desain dan fungsionalitas, menurut gue ini Ubiquiti Unifi Access Point Long Range cukup baik untuk membuat local network yang smooth. Dengan desain yang membulat, kesan futuristik nya cukup baik, jadi ga begitu ganggu pemandangan kalo dirumah. Desain led nya yang berwarna kuning saat belum terkoneksi dan kuning dalam mode disconnect membuat AP ini cukup menarik dijadikan lampu hias. Namun, kalo dipikir-pikir untuk cara instal dan setting yang ribet, dan user interface yang sulit dimengerti orang awam, ini gak worth it banget untuk user kelas rumahan, yang kalo nantinya bingung bisa-bisa tehnisi jaringan bolak-balik rumah kita tiap hari saking susahnya. Tapi, untuk kelas kantoran ini cukup keren lah untuk perusahan kecil menengah.

Tapi, semuanya kembali ke temen-temen pembaca, minat nya yang bagaimana untuk AP yang dipake. Oiya, untuk cara settinganya ntar gue tulis di Post setelah ini. See ya.
Next Post Previous Post
9 Comments
  • Unknown
    Unknown 22 Februari 2018 pukul 16.05

    Betul gan, kantor ane juga pake ini alat emang joss punya. Walaupun harga nya mehong cuma performa nya bagus

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 22 Februari 2018 pukul 16.08

      memang mahal gan... tapi kualitas as far as good drpada merk lain yg lebih murah. harga ga bohong deh

  • Anonim
    Anonim 15 Maret 2019 pukul 10.11

    beli dimana ya gan?? terus kalau untuk kantor ada beberapa ruangan rapat terbuat dari kaca hasilnya bisa maksimal gak ya untuk menjangkau semua ruanganya??

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 16 Maret 2019 pukul 13.06

      beli di marketplace seperti tokopedia / bukalapak ada gan, kalo saya itu di Toko komputer kesayangan hahah..

      untuk jangakauan tergantung jarak gan, kalau dikantor saya ada 1 ruangan kaca, dan so far so good.

  • Unknown
    Unknown 8 April 2019 pukul 16.41

    Kalau ada yg mau, ana punya 5 unit, kondisi baru, harga sy kasih lebih murah, krna kelebihan pembelian untuk pngadaan d suatu instansi. Maaf jd promo ya gan. Mksh

    • Azmi Rafly
      Azmi Rafly 12 April 2019 pukul 14.37

      hubungin kemana?

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 16 April 2019 pukul 13.26

      untuk jual beli, sebaiknya menggunakan marketplace atau rekber terpercaya ya. agar tidak ada permasalahan di kemudian hari.

  • Anonim
    Anonim 16 Januari 2020 pukul 08.30

    Gan ada yang tahu kontak supplier yang bisa pasang unifi di area karawang tidak?

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 18 Januari 2020 pukul 11.47

      ga punya gan, cuma kalo saya pribadi pasang sendiri sih. lumayan gampang kok. oiya, coba search di tokped kali aja ada gan yg skalian pasang.

Add Comment
comment url