Kamis, 08 Juni 2017

Solusi Bootloop, Cara Flash Ulang dan Invalid IMEI Android Oppo Neo 3 R831K

Pin ThisShare on TumblrShare on Google PlusEmail This

Hallo temen-temen,
Lagi, gue mau bahas perbaikan Gadget lama Oppo temen gue, yaitu Oppo Neo 3 R831K. Untuk spesifikasinya bisa di cek disini http://www.gsmarena.com/oppo_neo_3-6704.php.

Pada awalnya hape temen gue ini ngalamin bootloop / stuck boot hanya di bagian logo Oppo aja, lantas gue ga bisa ngapain lagi ama tuh HP karena udah Bootloop gitu kan. Nah, karena orangnya udah acc untuk gapapa kalo contactnya ilang akhirnya gue browsing cara flash nya, dan gue nemuin cara yang simple menurut gue dan ga make komputer, tapi menurut gue sih ini cara yang make komputer juga kok buat mindain datanya, jadi ga bisa dibilang ga make komputer sih heuheuheu.

1. Mengatasi PMT changed for the ROM; it must be downloaded.


Sebelum benerin bootloop dengan SP Flash Tool gue ngalamin error PMT changed for the ROM; it must be downloaded. dimana error itu nongol pas proses download room yang ada di SP Flash tool versi 5. Error ini sebenernya gampang di perbaiki yaitu dengan melakukan format EMMC dari Android tersebut. Caranya, pada SP Flash Tools, pilih tab Format, pada tab format centang Auto Format Flash dan Format whole flash except Bootloader. Seperti gambar dibawah ini,


Sebelum menekan tombol Start, lepasin koneksi kabel USB dari PC dan matikan Android dengan keadaan baterai masih terpasang, setelah itu klik Start dan colokin lagi kabel USB nya ke PC. Maka proses Format bakal bekerja dan selese kalo ada window baru yang berisi lingkaran hijau. dan kemudian bisa di coba kembali untuk nge-flash Androidnya.

Untuk SP Flash Tools dapet di download di,
http://spflashtool.com/

2. Flash Android Oppo Neo 3 R831K dengan Recovery Bawaan
Setelah nyoba flashing make SP Flash Tools, Android ini tetep bootloop, dan akhirnya gue nemuin cara yang lebih baik dan work buat gue, yaitu flash make Recovery bawaan Oppo Neo 3 R831K nya sendiri. Tapi sebelumnya harus download Firmwarenya dulu disini,

Unduh file Firmware Oppo Neo 3 (R831K)
http://downloads.oppo.com.s3.amazonaws.com/firmware/R831K/R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip

Nah, setelah di download, firmware itu perlu di copy ke MicroSD Card dengan menggunakan card reader dan PC (kan Android nya lagi rusak). Copy firmware file itu (biar gampang nyarinya) di folder awal MicroSD cardnya.

Matiin Android Oppo Neo 3 R831K. Nyalain lagi dengan neken dan nahan tombol Volume Down + Power bersamaan sampe muncul Logo Oppo dan dibawah layar ada tulisan Recovery. Kalo ga ada tulisan Recovery, ulangi lagi dari Android bener-bener dalam keadaan mati.

Pada Menu Oppo Recovery, Pilih bahasa English (kecuali lo ngerti tulisan lainnya, bebas pokonya mah). Untuk mindain atas bawah bisa make Volume Up dan Down dan Eksekusi make tombol Power. Trus untuk selanjutnya Pilih Wipe Data And Cache lalu pilih YES dengan tombol Power. Berikutnya pilih Install From SD dan Pilih File R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip yang kamu Download tadi. Proses Flashing sedang berjalan. Pastiin Baterai nya cukup atau lebih aman sambil nge charge. Setelah proses Flashing selese, tekan power untuk restart. Maka Android Oppo Neo 3 R831K akan boot selama 5 menitan dan voila Normal kembali dan clean.

3. Memperbaiki Invalid IMEI Android
Setelah proses Flashing tadi dengan Recovery bawaan Android, gue nemuin masalah baru, dimana IMEI nya jadi invalid, sehingga SIMCard ga ada signal sama sekali, ga kebaca, ataupun ga bisa register network.

Untuk memperbaikinya, gue pertama-tama ngeRoot Android Oppo Neo 3 R831K make Root Master (root aplikasi untuk Android chipset MTK/Mediatek). bisa di download di,

https://drive.google.com/file/d/0BwRKxP3j0Ov6Mjhub3dmNEZjWWs/view?usp=sharing

Kemudian install pada Android temen-temen, kalo proses instal Root Master udah selese, buka Root Master nya trus pilih root, dan tunggu hingga rooting selesai.

Instal Root Checker, ini opsional boleh ga boleh iya, cuma buat ngecek rootnya success ato engga.

https://drive.google.com/file/d/0BwRKxP3j0Ov6TFkxaUlLWkZ4ZU0/view?usp=sharing

Untuk mulai nulis IMEI nya, pertama-tama download dan instal MTK Engineering yang bisa di download di

https://drive.google.com/file/d/0BwRKxP3j0Ov6U3hHaGRTcERkMVE/view?usp=sharing

Buka Baterai Android temen-temen trus catet IMEI yang ada di belakang Android di balik tempat baterainya. Jika dual SIM maka catet ke dua IMEI yang tertera. Pasang kembali baterainya lalu nyalakan androidnya. Buka aplikasi MTK Engineering trus pilih MTK Setting. Pilih Tab Connectivity dan kemudian pilih CDS Information. Pilih Radio Information.

Pilih Phone1 untuk menulis IMEI 1 dan Phone2 untuk menulis IMEI 2. Untuk IMEI 1 pilih Phone 1 lalu hapus AT+ dan Tulis kembali AT+ yang nantinya akan memunculkan suggestion words. Pilih EGMR=1,7,"iniadalahIMEI1"

AT+EGMR=1,7,"isikaninidenganimei1" 

lalu klik SEND AT COMMAND, tunggu lalu klik kembali

Pilih Phone2 untuk menuliskan IMEI 2. Hapus AT+ dan Tulis kembali AT+ yang memunculkan suggestion words, lalu pilih EGMR=1,10,"IMEI 2"

AT+EGMR=1,10,"isikandenganimei2" 

dan klik SEND AT COMMAND, tunggu lalu klik kembali.

Lalu restart Android temen-temen dan cek *#06#, IMEI akan valid dan work seperti semula dan SIMCard akan terbaca normal kembali.

Oke segitu catetan gue benerin bootloopnya Android Oppo Neo 3 R831K. Dan Androidnya sekarang normal dipake ama orangnya. See ya.


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar