Review Modem Baru dari Speedy, hilangkan Wifi.id di Modem ZTE ZXHN-H108NZTE



Sup manteman,
Untuk kesekian kalinya gue dapet ganti modem baru dari Telkom, yeay!. Pelayanan yang luar biasa dari Telkom, karena semua kabel hingga modem diperbaharui. Sebabnya sih cuma gara-gara mainan masa kecil yang sekarang udah ga ada tempat maennya, layangan. Gue ga nyalahin maenannya sih, tapi yang maennya tolong ajalah kalo nyangkut di kabel ga usah gregetan gitu nariknya.

Oke lupain soal layangannya, dan kita kembali nge review nih modem. Kalo dari segi bentuk mah lebih minimalis dari TP-Link, tapi kek yang udah-udah yang namanya modem selain TP-Link itu susah bener settingnya, kaya tulisan gue di http://manaluzufrin.blogspot.co.id/2016/04/cara-mudah-setting-modem-zyxel-p-660hn.html.

Tapi, modem ZTE yg ini beda, tampilannya itu mirip bahkan gue bisa bilang jiplak abis TP-Link, kek gini nih tampilannya kalo gue masukin IP nya di 192.168.1.254, oiya loginnya pun sama kek TP-Link, username : admin, password : admin.




Buat yang udah sering maenan modem speedy, minimal sering nyala matiin wifi pasti apal banget cara pakenya sysadmin kek gini. Mirip banget men ama TP-Link. Ini mah nyontek banget. Jadi, gue ga usah kali ya nulis cara setting awalnya gimana.

Modem nya punya 4 colokan LAN, jadi bebas kek TP-Link buat di konekin ke 4 user. Wps juga ada, reset dll pokonya ada di belakang.

Nah, yang aneh muncul pas gue mau matiin wifi.id yang kek biasa gue lakuin di modem-modem sebelumnya. Sebenernya alesan gue matiin wifi.id itu biar ga ada yang konek lagi ke network gue selain dari wifi yang gue adain, soalnya wifi.id terlalu terbuka menurut gue.

Seperti biasanya, buat matiin wifi.id kita butuh telnet yang harus diaktifin dulu di control panel trus pilih programs trus pilih turns Windows features on or off, dan cari aja telnet client dan ceklis.


Setelah di ok, nantinya bakal ada proses instalasi sekitar 5 menit, bentar doang kan. Abis itu, buka deh cmd (command prompt) yang gue sarananin open as administrator, lalu ketikin perintah :

C:\> telnet 192.168.1.254

enter, trus bakal masuk ke loginnya, yang bakal di tanyain password. buat 192.168.1.254 bisa diliat di gateway internet, gateway internet sama aja dengan ip address modemnya. Secara default password telnet modem itu admin, tapi yang ini beda, yap passwordnya theworldinyourhand .

password : theworldinyourhand

enter lagi, trus buat matiin wifi.id ketik deh perintah ini,

ZTE> rt setbssidnum 1

modem bakal restart, trus ilang deh itu wifi.id :)

Oke, cukup singkat gini dulu aja ya manteman, maap kalo kurang jelas, buat nanya" boleh di tulis di comment :). see ya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url