CMD Tips : Setting Wifi Adapter dan Local Network dengan Command Line Windows

Command Prompt
Hai teman-teman,
Kali ini gue bukan pengen ngumbar-ngumbar tentang kisah asmara atau hidup gue, tapi gue mau berbagi tips make Command Prompt Windows.

Sapa gakenal Command Prompt atau yang biasa orang" kini manggilnya CMD dari Windows? gue dulu aja pas maenan script, script awal yang gue buat make CMD ini, biar kekinian sih di panggilnya script Batch soalnya ekstensinya juga *.BAT.

Kali ini gue mau berbagi script yang bisa ngotak-ngatik Local Network dan Wifi Adapter make nih script. Sebenernya banyak script yang bisa di terapin, tapi kali ini gue mau berbagi yang sederhana aja. Biar ga pada bingung pas nerapinnya.

1. Enable dan Disable Adapter Wifi atau LAN dengan CMD

Buat disable adapter Wifi make batch command ini, bisa make script :

netsh interface set interface name="Wi-Fi" admin=disabled

Dan buat meng-enable-kannya lagi bisa make script dibawah ini
netsh interface set interface name="Wi-Fi" admin=enabled

"Wi-Fi" disini dapat disesuaikan dengan nama koneksi yang mau diatur, gue make Windows 8.1 dan yang gue enable dan disable adalah wireless adater yang di Windows ini dikasih nama Wi-Fi, kalo mau yang LAN bisa ganti jadi name="Local Area Network".

Kalo mau restart adapter bisa make disabled trus enabled lagi jadi 2 script itu dijalanin gantian.

2. Mengatur IP Wifi atau LAN dengan CMD
Untuk temen-temen yang matiin DHCP modemnya kadang males buat nyetting nyetting IP nya sesuai dengan heading IP yang ditentuin tapi make CMD bisa dilakuin dengan cepet, gini scriptnya :

netsh interface ip set address name="Wi-Fi" static 192.168.20.150 255.255.255.0 192.168.20.1

netsh interface ip set dns "Wi-Fi" source=static addr=8.8.8.8

Sama seperti tadi "Wi-Fi" adalah nama dari Local Network yang ingin disetting yang bisa di lihat di Control Panel bagian adapter Networking. 192.168.20.150 itu IP Address client yang di setting, 255.255.255.0 itu subnet mask, 192.168.20.1 itu Default Gateway.

Pada script selanjutnya merupakan setting DNS yang 8.8.8.8 yang merupakan DNS Google.

Buat ngembaliinnya jadi automatic lagi bisa make script yang dibawah ini :

netsh interface ip set address "Wi-Fi" dhcp
netsh interface ip set dns "Wi-Fi" dhcp

Semua script diatas bisa ditulis di notepad trus di simpen dengan format namafile.bat, trus eksekusi buat jalaninnya.

Tada segitu dulu tips gue kali ini, semoga bisa jadi barokah buat para pemalas nyetting-nyetting, see ya.


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Unknown
    Unknown 2 Mei 2020 pukul 11.04

    Kalau cara seting apn mifi via cmn gmn ya broo...

    • Manalu Zufrin
      Manalu Zufrin 2 Mei 2020 pukul 21.07

      kalo ga salah. setting apn mifi itu biasanya make browser based gan. mngkn untuk setting bisa make telnet. cuma saya blom bsa ngmng bnyk soalny belum pernah coba. g punya mifi hehehe

Add Comment
comment url