Senin, 07 Desember 2015

Cara Mengatasi A Required CD/DVD drive device driver is missing Saat Instal Windows 7

Pin ThisShare on TumblrShare on Google PlusEmail This


Dear Brosist, dah lama gue ga nulis di blog gue yg udah kek goa yang dipenuhin sarang laba-laba. Oiya, hobi baru gue skrng selain eksperimen" ga jelas, sekarang gue tiap akhir minggu nge-bata tembok rumah gue. wiiih, makin iteem dah gue. Ini untuk clean HDD karena tertulis format fs=ntfs quick. 



Untuk tulisan kali ini gue sih sebenernya ambil trik dari blog orang, tapi gue lupa linkny. Trik ini untuk temen" yang nginstal PC atau leptop make Windows (terutama Windows 7 ke atas) yang bermasalah ga ngedetek Harddisk, kaya tampilan di gambar atas (Error  Load Driver; A required CD?DVD drive device driver is missing. If You have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flashdisk drive, please insert now).

Singkatnya cara saktinya gini,
Boot ke instalasi windows kek biasa,sampe nongol Missing Driver gitu, terus coba unplug (cabut) flashdisk, dan pindahkan ke port USB yang lain. Reboot atau klik X (exit windows) agar kembali ke tampilan awal.

Pada tampilan awal instalasi pilih Repair Your Computer, lalu Pilih Use Recovery tools that can help. Setelah itu klik Commad Prompt.

Pada Command Prompt tersebut masukkan perintah sebagai berikut secara berurutan.

DISKPART
LIST DISK
select disk 0
clean
create partition primary
format fs=ntfs quick

lalu klik exit windows (x) untuk keluar dari Command Prompt lalu setelah kembali ke tampilan awal pilih Install now, dan voila HDD dan diskdrive sudah terdeteksi,dan dapat melakukan partisi dan instal ulang seperti biasa.

#DWYOR : Ini untuk clean HDD karena tertulis format fs=ntfs quick. 
Reaksi:

38 komentar:

  1. Berhasil min,, terimakasih banyak tipsnya,, udah muter2 gak ketemu eh ketemu disini.. sukses selalu blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip bro, good luck untuk instalasi berikut-berikutnya :D

      Hapus
  2. gagal malah kehapus semua partisiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ini untuk instalasi windows di awal gan, clean harddisk. Kalau HDD nya sudah ada isinya biasanya tinggal delete hdd trus instal.

      Hapus
    2. tetap nda bisa agan, tetap muncul load driver missing..

      Hapus
    3. Q juga sama, tetep Missing....
      Alhasil aku Install Win 8, dan pakai cara ini... Alhamdulillah berhasil...
      Thanks caranya min, walaupun gak Win 7 gpp dah heheeee

      Hapus
  3. i like this's...
    couse whit command prompt also clears it

    BalasHapus
  4. Gatot., malahan data'2 di drive nya ikut hilang semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini untuk clean hdd, kan sudah warning dipaling bawah. Soalnya gue pas kena masalah ini pas baru instal NEW HDD. DWYOR.

      Hapus
  5. Balasan
    1. gue pas kena masalah ini pas baru beli HDD gan. Jadi emang cleaning.

      Hapus
  6. Semua drive atau C aja gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua drive gan, clean hdd tuh hdd baru, pas gue ngalamin ini, karna gue install hdd baru.

      Hapus
  7. Balasan
    1. coba di cek di bios nya ada ga hddnya? kalo ga ada cek koneksi power dan kabel data nya.

      Hapus
  8. partisinya kok ilang semua gan :v file nya yg di local D jg
    minta sarannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan pake clean disk, jadi semuanya yg ada di hd terformat..

      Hapus
  9. Balasan
    1. anjir bgt, berhasil sih berhasil, tpi ga diformat jga dong datanya T_T

      Hapus
    2. anjir, berhasil sih iya, tapi nga pke format data d juga kali mas 😢😣😦

      Hapus
  10. tetep mising drive, gimana ini gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo missing drive dikarenakan sebelumnya instal windows 8.1 dan pengen downgrade ke windows 7 bisa instal windows 10 dulu baru downgrade ke windows 7, pernah ngalamin, agak ribet, tapi di gue work sih. semoga membantu. Jangan main-main ama data ya gan, kalo ga bisa kembalikan ke doctor pc terdekat.

      Hapus
  11. data kehapus semua gan :(, cara balikinnya gmn gan ? saran dong pliis

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini untuk clean HDD gan. baca dengan seksama. kalo recovery data, coba make beberapa recovery data yang ada. semoga membantu.

      Hapus
  12. gan laptop ane kan masih baru, jadi belum jalan touchpad nya, ane bingung mau close in command prompt nya, mohon bantuannya ya gan..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notes gan, belom pernah nyoba di command prompt pas proses instal, cuma work di command prompt normal,
      1. Gunakan alt+F4
      2. ketik exit lalu enter

      semoga membantu

      Hapus
  13. Kan pas clean disk semua data terhapus,bgaimana cranya gan saat d cmd biar data d gak hlang,cma dta c aj yg hlang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belom pernah nyoba gan, tapi jika LIST DISK di ganti dengan LIST PARTITION mungkin bisa, dan harap di coba dengan resiko sendiri. Semoga sukses gan, dan ditunggu hasil ujicobanya. :D

      Hapus
  14. Yang udh terlanjur clean partisi dll, tapi masih muncul missing drive blabla.. coba pake ini gan https://downloadcenter.intel.com/download/25476/Windows-7-USB-3-0-Creator-Utility
    Inject usb creator di flash boot agan, ulangi instal dari awal, di ane sukses setelah gak tidur 2 hari 2 mlm
    ane pake lenovo ideapad 110 win7 ultimate
    Good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ane lenovo idepad 300 dengan masalah missing itu. bagaimana cara inject usb creatornya? apa di copy di flashdisk bootnya.

      Hapus
  15. pengen slamatin data malah jadinya kehilangan data. sedih bgt...

    BalasHapus
  16. Wah,,,mantap min trik saktinya sangat membantu
    terimakasih min,,,,

    BalasHapus
  17. Mkasih admin tutornya work...
    Sukses selalu

    BalasHapus
  18. untuk mengatasi ini, klo laptop mending pake CD Windows 7 langsung

    BalasHapus
  19. makasii yaaa bangg..sangat membantu

    BalasHapus
  20. mantap gan... makasih info nya

    BalasHapus
  21. Sebenarnya kalau baca dengan teliti gk bakal data akan hilang
    Di situ sudah di jelaskan bahwa clean disk .

    BalasHapus